Pemudik di Merak Diprediksi Meningkat 11 Persen Tahun Ini

Pemudik di Merak Diprediksi Meningkat 11 Persen Tahun Ini

Kabar5.Com, Merak | General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Feri cabang Merak, Fahmi Alweni memprediksi adanya peningkatan jumlah penumpang yang menyeberang dari Pulau Jawa ke Sumatera sebesar 11,6 persen. 


“Tahun 2017 total jumlah penumpangnya saja itu 700 ribu. Itu pejalan kaki. Yang didalam kendaraan roda empat dan dua juga bus 700 ribu. Lebih dari 1,4 juta jiwa,” kata Fahmi saat press conference di media center PT ASDP Indonesia Feri cabang Merak, Minggu 10 Juni 2018.

Ia menjelaskan prediksinya berdasarkan tren penyeberangan dari tahun-tahun sebelumnya yang terus naik. Terkait hal ini pihaknya telah menyiapkan sejumlah antisipasi guna mengurai antrean yang ‘mengular’.

“Kami menambah jumlah loket dari 9 menjadi 15 loket tiket pejalan kaki. Kami juga menyiapkan jalur khusus di dermaga V, sehingga kendaraan bisa naik ke bagian atas kapal. Jalue semacam ini juga ada di beberapa dermaga lainya,” ujarnya.

Menurut data rekapitulasi harian angkutan lebaran tahun 2018 dibanding 2017 PT ASDP Indonesia Feri cabang Merak, diketahui sebanyak 375.894 penumpang pejalan kaki dan dalam kendaraan menyeberang dari ke pelabuhan Bakheuni, Lampung.

Sementara, 53.471 kendaraan baik roda dua dan empat, bus, truk dan lainya telah menyeberang sejak H-8 lebaran 2018 hingga pukul 20.00 WIB hari ini.


(Yoman/ DJ) 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.