Pemutakhiran Data PBB di Cilegon Dilakukan Akhir 2016

Pemutakhiran Data PBB di Cilegon Dilakukan Akhir 2016

Kabar5.Com, Cilegon | Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Kota Cilegon melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pajak Daerah Wilayah II, belum lama ini menggelar sosialisasi dan penyuluhan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) kepada wajib pajak.

UPTD Pajak Daerah Wilayah II meliputi Kecamatan Jombang, Cibeber, Cilegon, dan Purwakarta.

Kepala UPTD Pajak Daerah Wilayah II, Toni Irawan mengatakan, bahwa pada di tahun 2016 ini akan dilakukan pemutakhiran data terkait dengan PBB-P2.

“Kegiatan ini dalam rangka pemberian informasi. Maksudnya pembelajaran juga kepada wajib pajak bagaimana tatacara pelayanan, permohonan pelayanan, kaitan dengan pendaftaran objek pajak baru, mutasi dan lain hal. Pelimpahan data dari pusat ke daerah itu kan baru dimulai 2014, pada 2016 ini ada pemutakhiran data dari bidang pajak, khususnya untuk Mecamatan Jombang (terlebih dahulu),” kata Toni.

Dikatakan Toni, masih banyak wajib pajak yang kurang paham terkait dengan kepemilikan akta dan sertifikat yang berkaitan dengan PBB-P2, terutama dengan kepemilikan 2 nomor objek pajak (NOP) untuk satu objek pajak dalam hal ini bangunan.

Namun Toni menjelaskan hal tersebut bisa terjadi lantaran pelimpahan data dari pusat yang baru diterima oleh Kota Cilegon pada tahun 2014.

Oleh karena itu, Toni melanjutkan, pada tahun 2016 ini akan dilakukan pemutakhiran data oleh bidang pajak DPPKD Kota Cilegon.

“Sebenarnya kendalanya data, karena pelimpahan data dari pusat ke daerah itu masih banyak yang tidak sesuai dengan keadaannya di lapangan, jadi kita harus melakukan pemutakhiran data lagi. Tadi (saat sesi tanya jawab) pertanyaan ada yang kaitan dengan satu objek pajak tapi ada 2 NOP, kaitan dengan bangunan yang berbeda. Maka dari itu, pada tahun 2016 ini, bidang pajak akan melakukan pemutakhiran data, supaya hal tersebut tidak terjadi kembali,” ungkap Toni, seraya berharap kedepan wajib pajak agar lebih tertib, patuh, dan disiplin kaitan dengan pembayaran pajak, dan lebih mengerti tentang hal-hal pelayanan pajak, khususnya PBB. (adv)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Tinggalkan Balasan