Penampilan Pesilat Pukau Ribuan Penonton Dalam Acara Golok Day 2018

Penampilan Pesilat Pukau Ribuan Penonton Dalam Acara Golok Day 2018
Posted by:

Kabar5.com, Cilegon | Berdasarkan salah satu media informasi, Para pesilat luar negeri, antara lain dari Swiss (1 pendekar), Belanda (1 pendekar), Prancis (4 pendekar), dan Amerika Serikat (2 pendekar) memukau ribuan penonton pada kegiatan Golok Day, Minggu 06 Mei 2018 siang.

 

Salah satunya adalah Pesilat bule tersebut tergabung dalam Padepokan Pasundan/Panglipur Garut Jawa Barat, pimpinan Cecep Rahman, salah seorang bintang film The Raid. Pantauan di lokasi, pesilat luar negeri tersebut memamerkan jurus-jurus kanuragan yang diperolehnya selama berlatih di padepokan tersebut. Tepuk tangan bergemuruh tiada.

Mark Christiani, pesilat asal Swiss, mengaku tertarik dengan pencak silat saat melihat berbagai tayangan di YouTube.

“Saya tertarik melihat pencak silat, sehingga saya dan teman-teman lainnya datang ke Garut dan belajar. Apalagi pimpinannya adalah salah seorang bintang film. Saya berterima kasih sekali bisa belajar di padepokannya,” katanya.

Menurutnya, yang menarik dari gerakan pencak silat adalah lembut, tapi bisa membuat lawan tidak berdaya.

“Ada gerakan yang disebut dengan jurus, walau tidak banyak mengeluarkan tenaga, tapi bisa untuk membela diri,” ungkapnya.

Deden melanjutkan, Banten yang dikenal sebagai tanah jawara telah eksis dalam melestarikan budaya sehingga dikenal luas oleh provinsi lain, bahkan sampai ke mancanegara.

“Sebagai warga Banten dan taat akan pelestarian budaya, Golok Day ini berhasil menyita perhatian publik. Kami mendapat informasi, selain peguron dan pesilat dari  Banten, juga ada dari negara sahabat, yakni Swiss, Perancis, Amerika, Ukraina. Dengan demikian maka Golok Day dipastikan akan dikenal luas,” ujar Deden.

Di akhir sambutannya, mantan Kepala Biro Humas Pemprov Banten tersebut menambahkan, pencak silat merupakan tradisi dan budaya yang harus dilestarikan. Sebab, silat merupakan icon bangsa Indonesia.

“Ada banyak peguron di Banten. Kami berharap selain dilestarikan akan ada juga atlet silat yang bisa menembus dunia,” ungkapnya.

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.