Pendapat Warga Soal Jembatan Diplomasi yang Diresmikan Menlu Retno

Pendapat Warga Soal Jembatan Diplomasi yang Diresmikan Menlu Retno

Kabar5.Com, Garut | Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi meresmikan sebuah jembatan gantung yang menghubungkan dua desa di dua kecamatan di Kabupaten Garut, Jumat kemarin. Warga merasa terbantu dengan jembatan yang diberi nama Jembatan Diplomasi tersebut.


Jembatan Diplomasi terletak di antara Kecamatan Cilawu dan Kecamatan Tarogong Kidul. Jembatan dengan panjang sekitar 50 meter tersebut menghubungkan Desa Mangku Rakyat Cilawu dan Desa Cibunar Tarogong Kidul.

Warga mengaku terbantu dengan keberadaan jembatan itu. Sebab, warga yang bermukim di Cibunar tidak perlu lagi memutar puluhan kilometer untuk sampai di Desa Mangku Rakyat.

“Biasanya kalau muter ke jalan raya itu sekitar satu jam setengah paling cepat. Kalau ada jembatan kayak gini kan enak hanya beberapa menit saja,” ujar Pardi 42, salah seorang warga Cibunar, 14 Juli 2018.

Pardi mengatakan jembatan yang berdiri di atas aliran Sungai Cimanuk tersebut sudah diperbaiki tiga kali, namun tak pernah bertahan lama. “Yang pertama rusak pas banjir bandang 2016. Terus diperbaiki pakai kayu tapi rusak lagi,” katanya.

Jembatan yang dibangun Menlu dengan dana yang dihimpun dari ASEAN Charity Golf-Jakarta Ambassador Golf Association itu dibangun sejak tiga bulan lalu dengan material besi dan baja. Jembatan itu mampu menampung lima orang pejalan kaki dalam satu rute.

Menlu Retno sendiri berharap agar jembatan tersebut memberi manfaat bagi masyarakat. Selain memangkas jarak perjalanan, Retno juga berharap agar silaturahmi antarmasyarakat lebih mudah terjalin.

“Mari kita pupuk toleransi dan harmoni. Insyaallah dengan jembatan ini komunikasi bisa berjalan dengan baik,” ujar Retno dalam sambutannya di acara peresmian Jembatan Diplomasi kemarin. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.