Penentuan Awal Ramadhan 1439 Hijriah

Penentuan Awal Ramadhan 1439 Hijriah

Kabar5.Com, Jakarta | Pemerintah akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan hari perdana Ramadhan 1439 Hijriah pada Hari ini, Selasa 15 Mei 2018.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan sidang isbat akan digelar di kantornya. Sidang sedianya akan dihadiri seluruh tokoh agama dan ulama.

“Insya Allah, sore nanti kami akan mengadakan sidang isbat yang sebagaimana lazimnya akan dihadiri oleh para tokoh-tokoh agama, khususnya para ulama kita, pimpinan ormas Islam mulai dari MUI dan juga para akademisi. Khususnya dihadiri para ahli perbidangan,” ujar Lukman di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 15 Mei 2018.

Ia memaparkan, dalam sidang isbat itu akan dilihat posisi hilal lalu mendengar kesaksian sejumlah perwakilan yang disebar di lebih dari 90 titik di seluruh wilayah Indonesia.

“Ini untuk kami dengar laporannya, apakah sore nanti setelah Magrib. Ada yang berhasil melihat hilal atau tidak. Jadi ada dua kemungkinan kalau sore nanti hilal terlihat, maka artinya nanti malam kita sudah masuk bulan Ramadhan. Artinya, besok Kita sudah mulai puasa,” paparnya.

Lukman menambahkan, jika saat sidang isbat tidak ada satupun yang berhasil melihat hilal, maka sebagaimana ketentuan hukum agama maka digenapkan menjadi 30 hari.

“Oleh karenanya, 1 Ramadhan Baru akan jatuh pad Hari kamis lusa. Jadi, untuk menentukan ini semua baru bisa kami pastikan setelah berakhirnya sidang isbat yang nanti akan disampaikan ke publik melalui media,” tandasnya. (red)

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.