Pengebom Nuklir di Laut China Selatan

Pengebom Nuklir di Laut China Selatan

Kabar5.Com, Beijing | Pemerintah China mengedarkan rekaman video pendaratan sebuah pesawat pengebom nuklir di landasan pacu di pulau buatan di Laut China Selatan.

Business Insider mengabarkan, rekaman itu menunjukkan pesawat pengebom jenis H-6K mendarat di lapangan udara buatan yang ukurannya tak sesuai dengan panjang pesawat pengebom nuklir itu.

“Meski China berhasil membangun lapangan udara di pulau buatan itu, namun lapangan udara itu terlalu kecil, dan tidak mungkin digunakan sebagai markas pesawat pengebom nuklir dalam jangka waktu lama,” tulis Business Insider.

Portal berita itu, lebih lanjut mengungkapkan bahwa penempatkan pesawat pengebom nuklir H-6K di Laut China Selatan, akan menjadi target empuk bagi rudal-rudal AS. Sekaligus menjadikan pulau buatan itu tidak dapat melakukan pembangunan infrastruktur lagi.

“Dengan menempatkan pengebom nuklir tersebut, China ingin menunjukkan bahwa Beijing mampu mendominasi kawasan Laut China Selatan,” tutur Bill Hayton dari Program Asia Pasifik di Chatam House. Meski AS dan negara-negara Asia lainnya tidak setuju dengan upaya China itu, namun Laut China Selatan tetap menjadi kawasan bebas dan kawasan internasional.

“Siapa sih yang mau menembak mereka untuk memulai peperangan?” tanya Bil Hayton. “Lagipula, sejauh ini Beijing telah memenangkan pertempuran di Laut China Selatan, tanpa meletupkan satu tembakan pun,” sambung Bill Hayton.

(red)

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.