PHK Sepihak, Perusahaan Alfamart Diduga Langgar Aturan

PHK Sepihak, Perusahaan Alfamart Diduga Langgar Aturan
Posted by:

Kabar5.com, Tangerang | Perusahaan Alfamart (PT. Sumber alfaria trijaya tbk), diantaranya yaitu Toko Gelong baru raya, Toko SP Rawa Belong, Toko Pedemangan 6,Toko Ampera Raya 2.Toko Penjernihan, Toko Petamburan 4, diduga melakukan pelanggaran ketenaga kerjaan lewat PHK sepihak dan tidak memberi pesangon kepada karyawan yg di PHK. 1 Mei 2018

Beberapa Perusahaan Alfamart (PT. sumber Alfaria Trijaya Tbk.) Ke enam Toko tersebut diatas terindikasi melakukan pelanggaraan terhadap karyawan-karyawannya. Hal itu diutarakan perwakilan Serikat Buruh, syamsul bahri,SH.dan juga sudah disampaikan oleh Iwan fernando, SH.

Advokat PERADI melalui surat Somasi / pemberitahuan (teguran) Kepada perusahaan ALFAMART PT. Sumber Alfaria Trijaya tbk.atau ke enam Toko tersebut Sampai saat ini tidak ada tanggapan dari pihak perusahaan tersebut.

Suku dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kota Administrasi jakarta barat juga sudah melayangkan surat pangilan klarifikasi penawaran terhadap perusahaan,Namun pangilan pertama pihak perusahaan tidak datang. Ungkapnya.

Wakil dari serikat Buruh Syamsul bahri. SH. Akan melakukan pertemuan dengan pihak Kementerian Ketenagakerjaan terkait pemutusan hubungan kerja terhadap beberapa karyawan perusahaan sepanjang tahun 2017/2018.

“Yang pertama, PHK-nya tidak sesuai prosedur.”

Tidak ada surat peringatan pertama, kedua. Itu tidak dilakukan,”kata Syamsul bahri SH. Perusahaan juga menempuh pemutusan hubungan kerja yang kurang etis. Ada beberapa dari mereka yang dipecat hanya diberi surat PHK tanpa ada pembicaraan dengan pihak manajemen sebelumnya.

“Surat PHK yang diberikan juga kurang manusiawi, Ada teman-teman yang sudah bekerja belasan tahun PHK-nya ini hanya diberikan melalui surat.”

Yang lebih aneh lagi beberapa hari kemudian surat PHK tersebut supaya dikembalikan ke perusahaan,Mantan karyawan slamett pramono dan karyawan lainnya mengaku sempat diajak bertemu dengan manajemen sebelum dipecat.

Dalam pertemuan tersebut, “slamett parmono tidak melakukan apa pun seperti penandatanganan berkas seperti yang biasanya dilakukan perusahaan saat menghentikan hubungan kerja terhadap karyawannya.” Tahu-tahu surat PHK itu dikasih Tidak jelas (alasannya).

“Keterangannya hanya perusahaan tidak bisa melanjutkan kerja sama dengan saya,” kata slamet pramono. Perusahaan Alfamart ( PT. Sumber alfaria trijaya tbk. juga tidak memberi pesangon kepada karyawannya yang dipecat.

Serikat Buruh dan Advokat Feradi, menyayangkan sikap perusahaan alfamart (PT. Sumber alfaria trijaya tbk) yang tidak memenuhi undangan Disnaker untuk memberikan klarifikasi terkait pemecatan beberapa karyawan.

Sampai berita ini diterbitkan, Wartawan Kabar5.com belum bisa menghubungi pihak perusahaan Alfamart yaitu PT. Sumber alfaria trijaya tbk. Untuk mengkonfirmasi tudingan yang dilakukan oleh para mantan karyawan Alfamart. (Kamson)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.