PKS Ajukan Data Bacaleg Lebih Awal

PKS Ajukan Data Bacaleg Lebih Awal

Kabar5.Com, Pandeglang | Partai Keadilan Sejahtera (PKS), serahkan 50 berkas Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Pandeglang Akhmad Suja’i yang didampingi oleh jajaran Komisioner KPU Pandeglang, 15 Juli 2018.

Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja’i mengatakan, penyerahan berkas Pendaftaran Bacaleg dari PKS, merupakan kali pertama penyerahan pendaftaran yang dilakukan Parpol.

 

“Tadi, pukul 08.08 WIB Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah menyerahkan 50 berkas dokumen Pendaftaran Bakal Calon ke KPU Pandeglang, ” kata Suja’i.

 

Menginjak hari ke Dua Belas, tambahnya, baru ada satu partai yang menyerahkan dokumen pendaftaran.

 

“Menginjak hari ke Dua Belas ini, baru satu Parpol yang sudah menyerahkan dokumen pendaftaran Bacaleg. Kemudian, sesuai dengan ketentuan, KPU akan memberikan formulir model TT.Pd apabila bakal calon dinyatakan sudah sesuai dengan ketentuan pasal 6 dan 11, itu baru dinyatakan sah,” tambahnya.

 

Selanjutnya, lanjutnya, sesuai Pasal 16, KPU langsung melakukan penelitian persyaratan masing – masing bacaleg dari masing masing Dapil yang diajukan PKS.

 

“Selanjutnya, sesuai dengan Pasal 16, jajaran KPU langsung melakukan penelitian persyaratan masing masing bacaleg dari masing masing Dapil yang diajukan PKS. Apabila sudah sesuai dengan ketentuan, dan diberikan TT.Pd, KPU akan melakukan verifikasi kelengkapan syarat calon yang dilakukan oleh petugas verifikator KPU dan disaksikan oleh petugas penghubung (LO) Partai PKS,” lengkapnya.

 

“Semua itu mengacu kepada PKPU Nomor 20 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten atau Kota serta Surat Keputusan KPU RI Nomor 876 tentang Pedoman Teknis Pengajuan dan Verifikasi Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten atau Kota,” jelasnya.

 

“Adapun proses status keabsahan keseluruhan Dokumen Persyaratan Calon, akan langsung dituangkan pada model BA.HP DPRD. Hasil verifikasi  kelengkapan dan keabsahan dokumen bakal calon yang akan disampaikan oleh KPU kepada partai politik mulai pada tanggal 19 Juli sampai dengan 21 Juli 2018. Dan apabila masih ada dokumen yang kurang ataupun belum lengkap, akan disampaikan pada tahap perbaikan, yakni pada tanggal 22 Juli sampai dengan 31 Juli 2018,” paparnya.

 

Lebih lanjut, Ketua KPU Pandeglang Suja’i menghimbau kepada Parpol yang belum mengajukan pendaftaran, apabila ada kesulitan dalam persoalan Silon, untuk sesegera melakukan konsultasi kepada Operator Silon KPU, karena, waktu pengajuan pendaftaran tinggal sebentar lagi. (Risman).

 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.