Platform Ini Punya Solusi Realtime ?

Platform Ini Punya Solusi Realtime ?
Posted by:

Surat kabar5.com | Bisnis logistik di Indonesia memang pasar yang potensial. Namun sayangnya, masih ada beberapa persoalan dalam bidang logistik di tanah air. Di antaranya keterlambatan logistik, keterbatasan penyediaan armada angkutan, sampai masalah teknis sistem pembayaran dan lainnya.

Untuk memberi solusi atas masalah tersebut, perusahaan teknologi digital layanan logistik, PT Digital Truk Indonesia merilis ritase.com, platform solusi manajemen logistik berbasis mobile dan desktop yang terintegrasi dan transparan. Platform ini menghubungkan pengirim barang (shipper) dengan pengantar barang (transporter) secara langsung alias realtime.

Pendiri dan Kepala Eksekutif Ritase.com, Iman Kusnadi mengatakan, platform ini punya sederetan fitur yang menyokong solusi bidang logistik, sehingga bisa dipakai perusahaan dan jasa broker transportasi mapan yang punya Online Tracking and Management System (OTMS).

Fitur yang dimiliki di antaranya fitur koneksi API, fitur open/closed environment yang bisa menyesuaikan dengan sistem penggunanya.

Fitur lain yang menjadi andalan platform ini yaitu Laporan Inteligensi Bisnis. Laporan logistik ditampilkan secara otomatis mulai dari awal sampai akhir. Laporan disesuaikan dengan kebutuhan individual perusahaan dan bisa langsung digunakan untuk laporan manajemen.

“Hal ini sangat membantu untuk meminimalkan bahkan mencegah terjadinya kesalahan dalam laporan akibat human error,” ujar Imam.

Dengan melibatkan digitalisasi, platform ini bahkan menjamin pekerjaan administrasi logistik menjadi lebih efisien, sebab mengurangi penggunaan email dan telepon.

Dari sisi pemilik armada truk (transporter) bisa mengoptimalkan kapasitas kendaraan yang dimiliki untuk melakukan pengiriman barang dengan sistem yang jelas, kesepakatan yang transparan, serta berbagai kemudahan hal teknis lainnya.

Ritase.com juga menyediakan pembiayaan invoice dalam waktu lebih cepat dengan bukti pengiriman digital tanpa perlu menunggu terms of payment selama berbulan-bulan.

Tawaran poin

Keuntungan lain adalah detail mengenai ID order, FTL, Dimensi, Berat, hingga estimasi waktu bisa dilihat di fitur Trip Management.

Fitur Load Planning, pengguna bisa mengatur jadwal pengiriman sesuai dengan dimensi dan berat barang. Menggunakan fitur Live Tracking dan Order Status, pihak pengirim barang mendapatkan kepastian mengenai status terakhir dari barang yang dikirim.

Efisiensi juga diwakili dengan pemesanan kendaraan melalui sistem berbasis website. Sistem ini memudahkan bagi perusahaan logistik pihak ketiga untuk mengetahui status dan keberadaan ordernya.

Penggunaan platform ritase.com memungkinkan pengguna menghindari berbagai potensi masalah transportasi dan logistik yang dapat terjadi. Persoalan yang muncul dalam proses pengiriman barang juga bisa lebih cepat diselesaikan sebelum menimbulkan masalah lebih lanjut pada kostumer akhir.

Benefit bisa didapatkan pengusaha angkutan sebagai pemilik armada. Platform ini menyediakan dompet digital untuk menerima pembayaran pesanan. Pengusaha bisa kapan saja mengelola dompet digital tersebut. Untuk hasil tugas pengiriman barang yang berhasil diselesaikan tepat waktu, platform ini menyediakan poin yang bisa dikumpulkan dan bisa ditukar dengan berbagai penawaran seperti pulsa, voucher makan dan lain-lain.

Hingga awal 2017, Ritase telah berhasil mengajak sejumlah pengusaha truk bergabung di platform ini dengan total armada sebanyak 5.500 truk dengan sekitar 6.000-an pengemudi truk. Untuk klien besar, Ritase di antaranya yaitu Kraft Heinz ABC, Gunung Sewu dan Lotte Grosir. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.