142 Pos Pengamanan di Siapkan Polda Metro Selama Arus Mudik dan Balik

142 Pos Pengamanan di Siapkan Polda Metro Selama Arus Mudik dan Balik

Kabar5.Com, Jakarta | Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengerahkan 1.273 anggota lalu lintas (lantas).


“Soal kesiapan kita sudah siap, baik lokasi maupun personelnya. Personelnya kalau tidak salah ada 1.273,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf diJakarta, Minggu 3 Juni 2018.

 

Anggota lantas tersebut tidak hanya ditempatkan di 142 pos pengamanan, namun juga akan bergerak untuk ke titik kemacetan untuk menguranginya demi arus mudik dan balik.

 

“Jadi status 142 pos PAM (pengamanan) itu berdasarkan hasil rapat koordinasi kemarin dengan lintas sektoral, maupun dengan internal kita. Kemudian itu sudah disepakati oleh masing-masing Kasatwil, Kapolres, kalau tempat itu layak dibuat pos PAM,” sambungnya.

 

Ia menerangkan, dari 1.273 personel tersebut, akan dibagi ke beberapa pospam, dan ada juga nanti yang bergerak. “Tidak semuanya di pospam, ada nanti yang mobile,” ujarnya.

 

Kemudian personel juga ada yang di tempat pemberangkatan mudik bareng, ada di terminal, dan tempat-tempat berkumpulnya masyarakat. Selain itu, disiapkan juga anggota di batas wilayah hukum Polda Metro Jaya.

 

“Km 39, aslinya sampai km 41, tapi di 39 itu ada rest area. Rest area itu salah satu sumber macet. (Antisipasi) Kita tempatkan anggota di sana, disiapkan juga jalur-jalur khusus, kalau pun nanti di situ terjadi kemacetan,” pungkasnya.

 

Sebelumnya diberitakan, dalam rangka mengamankan Hari Raya Idul Fitri, Polda Metro Jaya akan segera menggelar Operasi Ketupat 2018 pada 7 hingga 24 Juni 2018. Dalam operasi tersebut, polisi juga menyiapkan seratusan pos pengamanan (pospam) di titik-titik tertentu.

 

“Posko itu sekitar 143, itu ada di jalur mudik, ada juga di tempat-tempat hiburan masyarakat, termasuk tempat rekreasi. Baik di Ancol, TMII, Kebun Binatang Ragunan, kemudian Monas, atau tempat lain yang dimungkinkan ada kegiatan masyarakat,” kata Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Purwadi Arianto di Jakarta, Jumat 1 Mei 2018.


(red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.