Presiden Jokowi Perintahkan BMKG Ganti Alat Peringatan Dini Yang Rusak

Presiden Jokowi Perintahkan BMKG Ganti Alat Peringatan Dini Yang Rusak
Presiden Jokowi Perintahkan BMKG Ganti Alat Peringatan Dini Yang Rusak

Kabar5.Com, Banten | Pasca tsunami yang menimpa wilayah Selat Sunda, Presiden Joko Widodo menginstruksikan pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) segera mengecek dan mengganti semua alat peringatan dini atau early warning system (EWS) yang rusak.

Jokowi juga mengatakan, pemerintah sudah menganggarkan di APBN 2019 untuk mengganti semua peralatan.

“Ya nanti akan segera kita perintahkan. Sebetulnya sudah saya perintahkan juga untuk mengecek semua peralatan itu dan mengganti apabila ada yang rusak,” katanya di Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Minggu 23 Desember 2018.

“Tapi saya kira ini nanti masuk di anggaran baru 2019 awal Januari akan saya perintahkan agar mengganti peralatan-peralatan yang rusak atau yang sudah lama tidak bisa dipakai,” tambah Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan, sudah memerintahkan kepada BNPB, Panglima TNI Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Sosial Agus Gumiwang, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono agar melakukan langkah darurat. Serta melakukan perawatan yang cepat.

“Saya juga telah memerintahkan untuk melakukan langkah-langkah darurat menemukan korban dan juga melakukan perawatan secepat-sepanjang,” tutup Jokowi. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.