Puncak Arus Mudik Diperkirakan H-6 Lebaran

Puncak Arus Mudik Diperkirakan H-6 Lebaran

Kabar5.Com, Jakarta | Kepala Badan Litbang Kementerian Perhubungan Sugihardjo memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 2018 ini akan bergeser dari H-3 ke H-6 yakni Sabtu 9 Juni 2018.


Ini disebabkan adanya penambahan cuti bersama sehingga jatah libur semakin panjang. Dengan begitu para calon pemudik akan berangkat ke kampung halamannya lebih awal. Cuti bersama Lebaran 2018 akan jatuh pada 11-14, 18-20 Juni 2018 atau selama 7 hari.

 

Image result for puncak-arus-mudik-diperkirakan-h-6-lebaran

 

Anda perlu memperkirakan puncak arus mudik dan balik Lebaran 2018. Ini penting untuk mengatur waktu perjalanan dan penggunaan moda transportasi yang tepat. Tentu Anda ingin menghindari kepadatan lalu lintas yang melelahkan dan berisiko terjadi kecelakaan, bukan?

 

“Puncak arus mudik H-7 dan H-6, tadinya prediksi puncak tanggal 13 Juni, tapi karena cutinya diperpanjang, jadi geser,” kata Sugihardjo, Senin 4 Mei 2018.

 

Related image

Menurut keterangan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), perkiraan puncak arus mudik terjadi pada Jumat, 8 Mei 2018. Hari terakhir bekerja sebelum cuti bersama menjadi alasan mengapa hari Jumat diperkirakan menjadi waktu di mana nyaris semua orang berpikir untuk melakuan perjalanan mudik.

 

Sabtu, 9 Mei 2018, Minggu, 10 Mei 2018, atau Senin, 11 Mei 2018 juga bisa menjadi alternatif kepadatan arus mudik.

 

Related image

 

Sedangkan titik terpadat arus balik akan terjadi sekitar 19-24 Juni 2018. Arus balik akan lebih merata penyebaran tingkat kepadatannya karena banyak pilihan waktu perjalanan tergantung lokasi pekerjaan.

 

Related image

 

Dari hasil survei yang dilakukan, diketahui jumlah pemudik terbanyak berasal dari wilayah Jabodetabek, dengan tujuan tertinggi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Yogyakarta.

 

Pilih waktu perjalanan terbaik dengan mempertimbangkan beberapa perkiraan arus lalu lintas pada saat mudik.


(red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.