PW NU Kaltim Gelar Shalat Gaib dan Tahlil untuk KH Hasyim Muzadi

PW NU Kaltim Gelar Shalat Gaib dan Tahlil untuk KH Hasyim Muzadi

Kabar5.Com, Samarinda | Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar shalat ghaib dan tahlil untuk KH Hasyim Muzadi yang wafat pada Kamis pagi, 16 Maret 2017.

Sebagai warga NU, mendoakan para kiai dan sesepuh yang masih hidup maupun wafat telah menjadi tradisi warga NU. Shalat gaib dan tahlil sendiri dilaksanakan di gedung PW NU Kaltim Lantai tiga Jalan Imam Bonjol Samarinda. Dihadiri ratusan pengurus dari organisasi di bawah NU, para jamaah terlebih dulu melaksanakan shalat Maghrib.

Shalat gaib dan pembacaan tahlil dipimpin langsung Rais Syuriah NU Kaltim KH M Azhar Qowim.

Menurut Ketua NU Kaltim, KH Rasyid, NU dan bangsa kehilangan tokoh sekaligus ulama yang santun dan moderat. Sehingga menurutnya wajar apabila semua yang merasa kehilangan berdoa agar KH Hasyim Muzadi mendapatkan tempat yang mulia.

“Juga sebagaimana intruksi dari PBNU agar pengurus NU dari wilayah sampai cabang, kemudian lembaga dan banom NU melaksanakan sholat goib dan tahlil,” kata KH Rasyid dalam sambutannya, Kamis, 16 Maret 2017.

Pembacaan tahlil, kata Rasyid akan berlangsung sampai sepekan.

“Untuk tahlil, NU Kaltim dan cabang-cabang akan melaksanakan sampai tujuh hari ke depan,” imbuhnya.

Sektetaris Ansor Kaltim yang hadir dalam acara tersebut juga menghimbau agar Ansor di cabang-cabang melakukan hal yang sama.

“Ini bentuk kecintaan kita kepada kiai dan ulama sekaligus rasa syukur kepada Allah karena Indonesia pernah memiliki kiai dan ulama seperti KH Hasyim Muzadi pejuang NU,” katanya.

Seperti ramai diberitakan, KH Hasyim Muzadi meninggal sekitar pukul 06.00 WIB. Jenazah Ketua Umum PB NU periode 2000-2010 tersebut dikebumikan di Ponpes Al-Hikam, Depok. KH Hasyim Muzadi wafat di usia 72 tahun.

Dia sempat menjalani perawatan intensif di RS Lavalette, Malang, Jawa Timur. Selanjutnya Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu memilih menjalani perawatan di kediamannya. (Hery)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Tinggalkan Balasan