Ramadhan Berjalan Bisnis Online Pun Mendapat Berkah

Ramadhan Berjalan Bisnis Online Pun Mendapat Berkah

Kabar5.Com, Info Ramadhan | Memang bulan ini bulan yang penuh berkah. Tak bisa dipungkiri jika bulan Ramadan membuat perusahaan-perusahaan e-commerce turut berbahagia. Mengapa demikian? Sebab, di bulan ini juga memberikan dampak terhadap peningkatan volume transaksi Online.


Berdasarkan data survey yang digelar secara online oleh ShopBack, traffic kunjungan ke situs dan aplikasi Shopback di dua negara yakni Indonesia dan Malaysia meningkat hingga 104 persen untuk Malaysia dan 102 persen di Indonesia. Itu terjadi di minggu pertama Ramadan.

Untuk Indonesia, angka traffic tersebut bahkan meningkat hingga 142 persen di minggu ketiga Ramadan dan kemudian menurun pada minggu keempat hingga 56 persen. Lantas, berapa rata-rata uang yang dikeluarkan orang Indonesia saat Ramadan untuk berbelanja online?

Menurut data tersebut, di tahun lalu menunjukan bahwa masyarakat Indonesia menghabiskan rata-rata Rp 678,726.56. Hanya saja, meski volume transaksi meningkat, tetapi nilai pembelian dari setiap transaksi tetap tidak berubah.

Walaupun nilai pembelian tidak menunjukkan pertumbuhan yang signifikan tahun lalu, di platform kami mengalami pertumbuhan jumlah transaksi dan nilai pembelian hingga 2 kali lipat di Ramadan tahun ini, ujar Indra Yonathan.

Sementara itu, terkait waktu yang paling sering orang mengakses platform e-commerce di bulan Ramadan, dari data Shopback menunjukkan terjadi dua kali peningkatan traffic dalam satu hari selama bulan Ramadan tahun lalu. Pertama terjadi pada pukul 10.0011.00 WIB, dan kedua pada pukul 16.00 17.00 WIB. Hal yang sama juga akan terjadi di Ramadan tahun ini.

Peningkatan jumlah kunjungan di pukul 16.00 – 17.00 WIB, merupakan fenomena yang terjadi hanya di Ramadan. Rata-rata peningkatannya pun mencapai 50 persen dan semakin meningkat di dua minggu terakhir Ramadan, ujar Yonathan,  Co-Founder & Country Head of Shopback Indonesia.


(red)

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.