Ratusan Hektare Hutan di Kalteng Terbakar

Ratusan Hektare Hutan di Kalteng Terbakar
Posted by:

kabar5.com, Kalteng | Memasuki musim kemarau, hingga saat ini sekitar 106 hektare (ha) hutan dan lahan di Provinsi Kalteng terbakar. Sejak 1 Agustus lalu, Pemerintah Provinsi Kalteng sudah menetapkan daerahnya dalam status darurat siaga bencana kebakaran hutan dan lahan.

Hal ini diungkapkan Komandan Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan Kalteng Danrem 102 Panji Panjang Kolonel Arm M Naudi Nurdika kepada wartawan di Palangka Raya, Selasa (8/8).

Menurut Danrem, kebakaran hutan dan lahan pekarangan di Kalteng ini terjadi 99% disebabkan kesengajaan. Maka untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya melakukan penyuluhan agar masyarakat tidak membakar.

“Sejak Januari lalu sudah ada sekitar 300 lebih titik panas yang terpantau namun yang terbakar lebih sedikit yakni 106 hektar dan kita tetap melakukan patroli dengan menurunkan aparat dari TNI dan instansi terkait,” katanya.

Selain itu pihaknya juga sudah melakukan apel di perusahaan kelapa sawit di Kabupaten Kapuas sebagai bentuk kebersamaan agar semua pihak tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan untuk pembersihan dan pembukaan lahan.

Sementara itu menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur Sutoyo ketika dihubungi mengatakan bahwa saat ini lahan yang terbakar di wilayahnya sekitar 93,5 hektare.

“Saat ini semua lahan sudah kita padamkan dan kita tertolong dengan turunnya hujan walau tidak merata dan saat ini kondisi sedang mendung,” kata Sutoyo.

Namun jika dalam dua hari ke depan cuaca cerah dan tidak ada hujan, lahan kemungkinan akan terbakar lagi.

“Karena kondisi lahan yang terhampar adalah lahan gambut yang mudah terbakar dan dalam kondisi sangat kering. Jadi kita akan terus lakukan pantroli dan siap untuk memadamkan terutama dilahan gambut yang bila terbakar akan susah untuk dipadamkan,” jelas dia.

Dari data BMKG Palangka Raya, dalam dua hari ke depan diperkirakan akan terjadi hujan di bagian Utara Kalteng seperti di Kabupaten Barito Utara, Murung Raya, Gunung Mas, Katingan bagian Utara dan Kota Palangka Raya. red

Facebook Comments

Tags:

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.