Ratusan Warga Ikut Operasi Katarak Gratis

Ratusan Warga Ikut Operasi Katarak Gratis
Posted by:

kabar5.com, Kalteng | Sekitar 100 warga Kalimantan Tengah menjalani operasi katarak gratis yang dilaksanakan Yayasan Media Group bekerja sama dengan Pusat Mata Nasional (PMN) RS Mata Cicendo Bandung, Kopi Joss, dan TNI-AD Palangkaraya.

Bakti sosial yang dipusatkan di RS TNI-AD, Jalan Diponegoro, Kota Palangka Raya, itu dilaksanakan sejak Kamis (3/8) hingga Minggu (6/8). Hingga Jumat (4/8), sekitar 300 pasien telah menjalani pemeriksaan awal. Seratus pasien di antara mereka sudah menjalani operasi.

Tim dari Yayasan Media Group, Sugiarto, saat ditemui di Palangka Raya, Jumat (4/8), menjelaskan kegiatan amal yang digelar selama empat hari itu awalnya menargetkan untuk mengoperasi sekitar 300 orang.

“Kami tidak membatasi jumlahnya. Kalau masih ada yang mau dioperasi hingga akhir pelaksanaan, tim dokter akan siap melakukan operasi,” jelasnya. Dalam program kerja sama itu, PMN RS Mata Cicendo Bandung membawa delapan dokter, peralat-an operasi, beserta obat-obatan.

Adapun Kopi Jos menginformasikan kegiatan itu kepada masyarakat di Kota Palangka Raya dan kabupaten sekitarnya, dan RS TNI-AD Palangka Raya memfasilitasi tempat operasi.

“Kita sangat gembira bakti sosial ini disambut baik dengan banyaknya pasien yang datang baik saat pemeriksaan awal maupun operasi. Saat ini sekitar 100 orang sudah dioperasi dan mudah-mudahan terus bertambah. Kita juga sangat berterima kasih atas kerja sama semua pihak. Tujuan kita melakukan operasi katarak ini membantu masyarakat penderita katarak bisa melihat lagi dan terhindar dari kebutaan, dan kita membantu secara gratis baik operasi hingga pascaoperasi serta obat-obatan.” ujarnya

Dia memaparkan pasien yang mengikuti operasi katarak gratis itu datang dari berbagai daerah seperti Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kasongan, Pulang Pisau, dan Gunung Mas. Salah seorang dokter spesialis mata dari PMN RS Cicendo, Sumarti, menjelaskan pihaknya siap mengoperasi katarak hingga 150 orang per hari.

“Karena tim kami yang berjumlah delapan orang sudah membawa sendiri peralatan lengkap operasi beserta obat-obatan. Kami akan melakukan operasi jika pasien sudah memenuhi syarat pemeriksaan awal seperti tensi dan kadar gula yang normal,” ujarnya. red

Facebook Comments

Tags:

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.