Rektor UGM: Saya Ingin Korban dan Pelaku Tetap Miliki Masa Depan

Rektor UGM: Saya Ingin Korban dan Pelaku Tetap Miliki Masa Depan
Rektor UGM: Saya Ingin Korban dan Pelaku Tetap Miliki Masa Depan

Kabar5.Com, Yogyakarta | Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Panut Mulyono turut angkat bicara terkait polemik kasus dugaan pemerkosaan yang terjadi pada mahasiswanya saat KKN di Pulau Seram, Maluku, pertengahan 2017 lalu.

Panut mengatakan, apapun yang terjadi baik korban maupun pelaku merupakan anak didiknya. Sebagai lembaga pendidikan, UGM memiliki kewajiban membina keduanya menjadi lebih baik lagi setelah lulus dari kampus, sehingga harapannya mereka tetap bisa memberikan sumbangsih yang bermanfaat bagi kehidupan di masyarakat.

“ Kami ingin dua-duanya lulus dari UGM menjadi orang-orang yang lebih baik dari sekarang dan kelak bisa menjadi orang-orang berkontribusi bagi masyarakat, bangsa dan negara,” ujar Panut di UGM, Yogyakarta, Jumat 9 November 2018.

Panut yakin UGM mampu menyelesaikan masalah serumit apapun secara adil. Namun, ia tidak menutup kemungkinan kasus ini akan masuk ke ranah hukum jika korban merasa masih belum mendapat keadilan.

“ Penanganan kasus sekarang masih berjalan. Artinya begini, tim independen sudah kami tugasi telah melakukan kerjanya kemudian sudah lama memberikan rekomendasi dan rekomendasi-rekomendasi itu sedang dijalankan sudah mendekati akhir. Rekomendasi itu kita implementasikan,” kata dia.

Tim investigasi bentukan kampus itu tidak hanya sekedar memberi rekomendasi kepada korban mapun pelaku tetapi juga kepada UGM. Termasuk salah satunya perbaikan tata kelola pelaksanaan KKN.

“ Itu sedang kami lakukan. Kemudian rekomendasi 3 (korban, pelaku, dan kampus) itu rekomendasi bagi institusi UGM tata kelola KKN harus diperbaiki,” bebernya.

Pihak kampus juga telah membentuk unit yang tidak hanya memperbaiki proses KKN tetapi juga mengontrol proses pelaksanaan KKN agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang.  (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.