Ribuan Lembar Uang Palsu Ditemukan di Sumatera Utara

Ribuan Lembar Uang Palsu Ditemukan di Sumatera Utara
Ilustrasi
Posted by:

Kabar5.Com, Medan | Sepanjang 2017, Bank Indonesia telah menemukan sebanyak 1.936 lembar uang palsu di Sumatera Utara. Jumlah temuan itu memiliki kecenderungan peningkatan dibandingkan temuan pada tahun lalu.

“Tahun 2015 temuan uang palsu sebanyak 3.737 lembar. Tahun 2016 sebanyak 3.902 lembar. Sementara di tahun ini, sampai saat ini sudah ada 1936 lembar,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara, Arief Budi Santoso di Medan, Jumat, 9 Juni 2017.

Arief menjelaskan, uang palsu yang paling banyak mereka temukan adalah uang palsu pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu.

Tapi kita belum pernah menemukan adanya uang palsu dari uang baru emisi 2016 terbaru yang kita keluarkan. Di uang emisi terbaru itu memang cukup banyak pengamannya sehingga akan sangat sulit dipalsukan,” tegas Arief.

Dikatakan Arief, masih cukup tingginya jumlah temuan uang palsu dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui cara mengidentifikasi uang rupiah asli. Oleh karena itu mereka terus melakukan upaya edukasi kepada masyarakat.

“Selain edukasi kita juga melakukan berbagai upaya lain, salah satunya dengan melakukan kordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengantisipasi peredaran uang palsu. Karena peredaran yang palsu ini bukan sekedar pengedarnya, tapi juga distributornya hingga pembuatnya. Ini yang akan kita kejar bersama pihak kepolisian. Selain itu kita juga tergabung dalam Badan Kordinasi Pemberantasan Uang Palsu (Botasupal),” tandas Arief.

Arief juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada setiap kali menerima uang. Masyarakat penting memahami tanda-tanda pengaman yang terdapat dalam uang asli agar tidak menjadi korban peredaran uang palsu.

“Edukasi untuk meningkatkan literasi masyarakat akan uang palsu akan terus kita giatkan. Kita juga menghimbau masyarakat untuk mulai menggunakan uang elektronik (e-money) dalam bertransaksi guna semakin menekan pereadaran uang palsu,” pungkasnya. (red)

 

Facebook Comments

Tags: ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.