SDN Magetan Ini Hanya Berisi 3 Murid di Dalam Kelasnya

SDN Magetan Ini Hanya Berisi 3 Murid di Dalam Kelasnya

Kabar5.Com, Jawa Timur | Fenomena sekolah kekurangan murid juga terjadi di Magetan. Salah satunya SDN Desa Klurahan Kecamatan Kartoharjo yang hanya memiliki 37 murid. Bahkan ada satu kelas yang hanya diisi 3 murid saja.

“Fenomenanya disini memang seperti rebutan murid. Tahun ini kelas satu hanya tujuh muridnya. Paling sedikit kelas lima, hanya tiga murid,” terang Guru SDN Desa Klurahan Suprapto, 16 Juli 2018.

Jumlah murid kelas lain, lanjut Suprapto, juga sangat minim. Disebutkan Suprapto, kelas dua dan kelas tiga hanya terdiri atas enam orang, sedangkan kelas empat hanya berisi lima murid.

Suprapto mengaku jumlah murid yang minim di sekolah itu disebabkan banyak orang tua yang lebih memilih sekolah swasta. Sekolah swasta dinilai lebih maju, meski biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal.

“Orang tua kebanyakan rela membayar mahal di sekolah swasta dengan mutu mungkin lebih komplit. Meski ada biaya tambahan, kalau SDN kan tidak boleh ada iuran,” jelasnya.

Dari data yang dihimpun, fenomena berkurangnya jumlah murid ini terjadi sejak 10 tahun terakhir. Selain SDN Desa Klurahan, jumlah murid yang terbatas juga terjadi di SDN Desa Jajar.

“Sekolah lain juga hampir sama, SDN Sukowidi 3, SDN Jajar 1 dan 2 juga sangat sedikit,” jelasnya.

Sementara itu ketika dikonfirmasi, Kepala Sekolah SDN Desa Jajar menuturkan saat ini pihaknya melakukan penggabungan proses pembelajaran antara SDN 1 dan SDN 2 Desa Jajar, Kecamatan Kartoharo.

Dari penggabungan ini, jumlah murid yang terkumpul untuk kelas satu sebanyak 14 anak.

“Kami saat ini melakukan penggabungan setelah pertengahan semester tahun ajaran 2016/2017 kemarin saya lampirkan ke Dinas Pendidikan kondisi jumlah murid yang sedikit. Akhirnya mulai tahun ajaran baru 2018/2019 ini digabung total 110 murid kelas 1 sampai kelas 6,” terangnya. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.