Seorang Pria Jepang Ditahan Pihak Korea Utara

Seorang Pria Jepang Ditahan Pihak Korea Utara

Kabar5.Com, Tokyo | Seorang pria Jepang telah ditahan di Korea Utara (Korut). Penahanan ini berpotensi menjadi dilema diplomatik seiring Tokyo mendorong untuk menggelar pertemuan puncak dengan Pyongyang, 11 Agustus 2018.

Belum diketahui kapan atau mengapa pria Jepang tersebut ditahan. Namun pria yang identitasnya tidak disebutkan itu, bisa dijerat dakwaan menjadi mata-mata.

” Memastikan keselamatan orang itu merupakan prioritas tertinggi namun mungkin saja pihak Korea Utara akan akan menggunakan kasus ini sebagai alat tawar untuk negosiasinya dengan Jepang. ” ujar sumber yang dekat dengan pemerintah Jepang.

Detail lebih lanjut mengenai penahanan itu belum diketahui. Tujuan pria Jepang itu datang ke Korut jika belum diketahui. Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang menolak mengonfirmasi pemberitaan tersebut.

” Namun pemerintah sedang mengambil tindakan dan mengumpulkan informasi. ” tuturnya.

Sebelumnya, pemerintah Tokyo telah mengimbau warga negaranya untuk tidak bepergian ke Korut sebagai bagian dari sanksi-sanksi ekonomi terhadap negeri komunis itu. Otoritas Korut punya sejarah panjang melakukan penangkapan warga asing atas dakwaan menjadi mata-mata dan kemudian menggunakan mereka sebagai pion diplomatik. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.