Silek Tuo dan Kesenian Tradisional Dilestarikan Melalui Sanggar

Silek Tuo dan Kesenian Tradisional Dilestarikan Melalui Sanggar
Posted by:

Kabar5.Com, Simpang Malai | Masyarakat Korong Simpang Malai, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, mendirikan sanggar Tradisional.

Sanggar yang dinamakan “Bulan Tabik” ini menggelar kegiatan rutin Kamis malam, 01 Juni 2017. Adapun kegiatan Sanggar Bulan Tabik bertujuan untuk menghidupkan kesenian-kesenian tradisional yang ada. Meski gempuran modernisasi makin gencar keragaman namun Seni Budaya Minang Kabau seperti, Pencak Silat (Silek Tuo), tari galombang, randai, pasambahan dan lainnya tetap dipertahankan di sanggar ini.

Kegiatan Sanggar ini mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Jon Hendri.

“Sudah sepatutnya kita melestarikan kegiatan-kegitan kesenian tradisional seperti ini, karena selama ini kita sudah melupakan kesenian budaya kita,” kata Jon Hendri.

Dorongan dan apresiasi yang tinggi diperlihatkan Jon Hendri dengan cara terjun langsung untuk belajar silat.

Pendiri Sanggar Bulan Tabik, Adri, SE (Deri) mengucapkan terima kasih atas kehadiran Jon Hendri (Anggota DPRD), Yul Ananda (Sekretaris Nagari Malai III Koto), Niniak Mamak, Syalqimon (Wali Korong Simpang Malai), Ramadhan (Wali Korong Malai), para tokoh masyarakat, pemuda dan Ormas Pemuda Pancasila yang aktif mengikuti acara ini.

Dalam kesempatan tersebut, Adri berharap adanya bantuan dari Pemda setempat agar Sanggar ini bisa melahirkan generasi muda yang mencintai kesenian khususnya kesenian adat Minang Kabau. (Reski Siswando)

Facebook Comments

Tags: ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.