Soal Syarat Bikin Paspor Harus Miliki Saldo Rp 20 Juta, Ini Penjelasan Dirjen Imigrasi

Soal Syarat Bikin Paspor Harus Miliki Saldo Rp 20 Juta, Ini Penjelasan Dirjen Imigrasi

Kabar5.Com, Manado | Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kemenkum HAM, Ronny F Sompie membantah jika pihak imigrasi mempersulit masyarakat dalam pengurusan pembuatan paspor, dimana pembuatan paspor disyaratkan harus memiliki saldo minimal Rp 20 juta.

Dalam kunjungannya di Rumah Detensi Imigrasi Manado, Kamis 16 Maret 2017, Dirjen Imigrasi Ronny Sompie menegaskan, syarat yang menjadi polemik tersebut guna membantu Kementrian Tenaga Kerja dan Kementrian Luar Negeri, khususnya BNP2TKI dalam memberantas TKI ilegal dan perdagangan manusia.

“Ini bertujuan untuk upaya mencegah adanya pemberangkatan calon-calon TKI yang non prosedural yakni tidak mempunyai job order di negara tujuannya. Hal tersebut ditakutkan, dimana mereka akan menjadi korban dari tindak pidana perdagangan orang,” ujar Sompie.

Sompie juga mengatakan, sejak beberapa hari terakhir ini sudah kurang lebih seribu orang masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan paspor, namun ditolak pihak Imigrasi.

“Ditolak Imigrasi kerena terindikasi masyarakat tersebut tidak mengetahui bahwa ia masuk dalam perangkap atau jebakan perdagangan orang yang mengemas kegiatan mereka dengan modus operandi yang berbeda-beda, ada yang berkunjung wisata ke negara Asean setelah itu bekerja tanpa melalui prosedur,” ungkapnya.

Ia juga menerangkan, ada juga yang menggunkan visa ziarah, visa umroh, dan ada juga yang magang, tapi tidak ada kejelasan mereka magang kemudian akan kebali lagi ke Indonesia.

“Hal itulah yang menjadi alasan pihak Imigrasi kemudian mensyaratkan pengurusan paspor harus memiliki saldo minimal Rp 20 juta,” terangnya.

Walau demikian, kata Sompie, tidak semua yang mengajukan paspor untuk keluar negeri itu disyaratkan harus memiliki tabungan sebesar Rp 20 juta.

“Syarat tersebut bukan mempersulit masyarakat, namun demi menyelamatkan warga negara dari tindak kejahatan yang selama ini menjadi persoalan bangsa,” tegas Sompie.

Ia juga mengingatkan kepada jajaran Imigrasi untuk selalu selektif dalam mengawasi setiap permohonan pembuatan paspor. (Syahrul)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Tinggalkan Balasan