Sultra Distribusikan Beras ke Gorontalo

Sultra Distribusikan Beras ke Gorontalo

Kabar5.Com, Kendari | Beras lokal asal Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan brand (merk) Mekongga dan Konawe Rice diminati masyarakat di luar Bumi Anoa. Salah satu daerah yang meminati beras tersebut yakni Gorontalo, yang telah membeli sebanyak 3 ribu ton.

Kepala Bulog Divre Sultra, La Ode Amijaya Kamaluddin mengungkapkan, meski hasil produksi beras lokal dijual di luar Sultra, namun hal itu lantas tak membuat masyarakat Bumi Anoa kemudian kekurangan. Sebab, stok yang dimiliki di gudang Bulog saat ini masih bisa memperkuat keamanan pangan Sultra.

Menurutnya, walaupun beras di Sultra banyak yang dijual keluar daerah, namun hal tersebut tidak membuat Bulog Sultra Kehabisan beras.

“Kenapa Gorontalo justru mau membeli beras kita, jelas dikarenakan kualitas beras di Sultra lebih baik dari Gorontalo,” ungkapnya, Sabtu (1/10/2016).

Hal tersebut sebenarnya sudah terjadi sejak dahulu, namun sayangnya pemerintah baru menyadari bila selama ini beras hasil produksi Sultra banyak yang dibeli dan dikirim keluar daerah seperti Sulawesi Selatan, untuk mereka branding sendiri menggunakan label produksi mereka dan dijual kembali ke Sultra.

“Dan bukan hanya Bulog saja yang menjual beras ke Luar daerah, tetapi adanya proses mekanisme pasar rupanya membuat para petani, pedagang antar pulau dan provinsi lebih mendominasi dalam proses penjualan beras lokal ke luar daerah,” tandasnya. (Ikas)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Tinggalkan Balasan