Survei Indo Barometer Sebut Soeharto Presiden Paling Berhasil

Survei Indo Barometer Sebut Soeharto Presiden Paling Berhasil

Kabar5.Com, Jakarta | Hasil survei IndoBarometer menyebut Soeharto merupakan presiden yang paling berhasil memimpin Indonesia. Hal tersebut berdasarkan hasil survei Indo Barometer bertema ‘Evaluasi 20 Tahun Reformasi’.

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan 32,9 persen responden menyatakan Soeharto merupakan presiden yang paling berhasil dalam menjalankan tugasnya. Dia mengatakan Soeharto juga menjadi presiden terbaik sebagaimana hasil survei serupa yang pernah dilakukan pada April 2011 yakni sebesar 40,5 persen.

“Presiden Indonesia yang dinilai publik paling berhasil adalah Soeharto dengan persentase 32,9 persen,” ujar Qodari dalam keterangan pers di Hotel Harris, Jakarta, Minggu 20 Mei 2018.

Survei Indo Barometer dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia dengan 1.200 responden pada 15-22 April 2018. Margin of error survei tersebut kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Dalam survei itu, Qodari menyebutkan peringkat kedua presiden yang dianggap paling berhasil adalah Sukarno dengan perolehan 21,3 persen. Kemudian disusul oleh Joko Widodo sebesar 17,8 persen, Susilo Bambang Yudhoyono sebesar 11,6 persen.

“B.J. Habibie sebesar 3,5 persen, Gus Dur sebesar 1,7 persen, dan Megawati Soekarnoputri sebesar 0,6 persen,” ujarnya

Selain soal pemimpin, Qodari menyebut sebanyak 20,4 persen responden menilai perekonomian rakyat menjadi hal paling dominan yang dianggap menjadi permasalahan saat ini.

Selain itu, sebanyak 9,3 persen menilai sulit mendapatkan lapangan kerja serta 7,8 persen menilai korupsi dan nepotisme.

Meski perekonomian menjadi sorotan, Qodari menyebut sebanyak 52,7 persen publik menilai kondisi Indonesia masa reformasi lebih baik atau jauh lebih baik di banding tahun 1998.

“Sedangkan yang menilai sama saja, tidak ada perubahan sebanyak 25,9 persen,” ujar Qodari. (red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.