Telur Ayam Capai Rp 24.000 Kg, Ikan Relatif Stabil

Telur Ayam Capai Rp 24.000 Kg, Ikan Relatif Stabil

Kabar5.com, Jakarta | Harga telur di Pasar Tradisional Mencos, Setiabudi, Jakarta Selatan masih tinggi pada awal pekan ini. Harga telur ayam per kilogram (kg) mencapai Rp 24 ribu per kg tetapi harga ikan stabil. Senin 30 April 2018

Salah satu pedagang telur, Nur (30) menyatakan, kenaikan harga telur ayam sebesar Rp 1.000 per kg. “Harga telur ayam naik dari Rp 23 ribu menjadi Rp 24 ribu per kg. Naik Rp 1.000 ribu, sudah dari dua minggu lalu,” tutur dia di Pasar Mencos Setiabudi, Jakarta Selatan.

Harga untuk jenis telur lainnya masih terpantau stabil pada awal pekan ini. Hal ini untuk telur puyuh maupun telur bebek.

“Telur ayam aja yang naik, telur kampung, telur bebek, dan telur puyuh masih biasa, masih normal. Telur kampung Rp 2 ribu per butir, telur bebek Rp 2.500 per butir,
kalau telur puyuh Rp 36 ribu per kg, kalau beli satuan, 10 butir Rp 4 ribu. Masih pada normal,” ungkap Nur.

“Sekarang memang pada naik, wajar dekat-dekat puasa. Kalau puasa harga telur ayam bisa Rp 26 ribu per kg dari yang biasanya Rp 23 ribu per kg. Tapi pertengahan bulan biasanya baru pada turun lagi,” tutur Puryadi.

Sementara itu, Puryadi (28) pedagang telur mengungkapkan menjelang puasa, harga telur ayam bisa mencapai Rp 26 ribu per kg. Ia menyebutkan penurunan akan terjadi pada pertengahan bulan puasa.

“Sekarang masih sama dengan yang lain, rata-rata pada jual Rp 24 ribu per kg untuk telur ayam. Nggak naik-naik sekali, masih normalah,” tambah dia.

Berbeda dengan komoditas telur, harga ikan masih stabil di Pasar Mencos Setiabudi, Jakarta Selatan. Salimin (63) menyatakan harga ikan cenderung stabil dan tidak bergantung pada momen-momen tertentu seperti daging ayam.

“Kalau ikan kan tergantung stok. Kalau ramai ya murah, kalau sepi ya mahal. Beda sama ayam yang ada puasa, lebaran. Ikan tergantung stoknya aja, kita ambil dari Muara Angke,” ujarnya.

Salimin menambahkan ia menjual udang bergantung pada ukuran. Ia juga menjelaskan harga untuk jenis-jenis ikan lain juga masih terpantau normal di pasar Mencos.

“Udang saya jual kisaranya dari Rp 60 ribu per kg hingga Rp 70 ribu per kg, tergantung ukuran. Gurame dan kembung Rp 40 ribu per kg. Kalau ikan mas Rp 35 ribu per kg dan kerang Rp 40 ribu per kg. Masih pada normal,” tuturnya.

Salimin menyatakan untuk kenaikan harga ikan ia belum bisa menentukan apakah ikan akan naik pada bulan puasa dalam waktu dekat ini. Ia berujar melihat situasi pasar yang akan terjadi nanti. “Puasa masih belum bisa nentuin, lihat nanti saja naik apa enggak. Beda sama ayam yang pasti naik kalau puasa maupun lebaran,”.

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.