Terguncang! Bus Damri Tergelincir di Dermaga III Pelabuhan Merak

Terguncang! Bus Damri Tergelincir di Dermaga III Pelabuhan Merak

Kabar5.Com, Merak | Sebuah bus Damri milik Kementerian Perhubungan tergelincir di lidah rampdoor atau jembatan sambungan masuk dari dermaga ke dalam kapal saat hendak menaiki KMP Sekawan Maju Sejahtera (SMS) Sagita milik PT SMS di Dermaga III. Akibatnya bumper depan dan tangga penumpang bus tersebut hancur. 


“Seharusnya diganjel pakai balok. Ini diganjel semacam kaya karung goni. Licin. Nyangkut, enggak bisa dipaksain (masuk-red),” kata Delly, sopir bus Damri tersebut, saat ditemui di Dermaga III Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Minggu 9 Juni 2018.

Usaha Bus Damri benomor polisi B 7526 XT dan bernomor lambung 6101 jurusan Gambir-Lampung untuk memasuki area dalam kapal terhenti sekitar 30 menit karena peristiwa ini. Penumpang bus panik karena bus bergoncang di rampdoor disebabkan alun atau ombak kecil yang menghantam kapal saat sandar.

“Sempat sih sempat panik. Diminta mundur,” kata Rahmat, salah satu penumpang bus, dilokasi yang sama, Sabtu 09 Juni 2018.

Kapal SMS Sagita diketahui tidak tercantum di formasi kapal Ferry Pelabuhan Merak, terutama di Dermaga III. Setidaknya tertulis enam kapal yang beroperasi di dermaga itu, yakni Wira Kencana, Jagantara, MV.Virgo 18, Raja Rakata, Nusa Putra, dan Mutiara Persada.

Menanggapi hal ini, Bagian Operasional PT SMS, Rudi mengaku kejadian kali ini murni disebabkan karena faktor alam. Menurutnya sopir bus tersebut tidak mendengarkan instruksi petugas bongkar muat kendaraan saat hendak menaiki kapal mereka.

“Alun itu terkadang bisa mengguncangkan kapal sampai kencang. Itu yang menyebabkan penumpang kapal mabuk laut. Saat kendaraan terutama bus yang memiliki badan yang panjang hendak naik mereka harus betul-betul mendengar instruksi petugas,” kata Rudi.

Rudi menjelaskan, prosedur kendaraan memasuki kapal antara lain: Sopir membuka jendela mobil. Jika manual maka transmisi diposisikan dalam urutan paling rendah dengan AC dimatikan untuk memaksimalkan tenaga kendaraan.


(Tama/ DJ)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.