Terkuak, Putri Dari Bos Nazi Heinrich Himmler Pernah Menjadi Mata-Mata Jerman

Terkuak, Putri Dari Bos Nazi Heinrich Himmler Pernah Menjadi  Mata-Mata Jerman

Kabar5.com, Jerman | Gudrun Burwitz, putri pejabat Nazi, Heinrich Himmler ternyata pernah direkrut badan intelijen Jerman Barat (BND) pada tahun 1960-an.

 

Informasi soal itu kali pertama dilaporkan media Jerman, Bild menyusul kematiannya pada usia 88 tahun.

Ayahnya, Heinrich Himmler adalah salah satu pejabat di lingkaran dalam Adolf Hitler sekaligus menjadi arsitek Holocaust, yang memutuskan bunuh diri dalam tahanan pada 1945.

Seperti dikutip BBC News, 30 Juni 2018, Gudrun Burwitz diketahui tak pernah mengingkari ideologi Nazi dan membela reputasi ayahnya.

Ia masih remaja saat perang usai dan dibebaskan pada 1946, setelah memberi kesaksian di Pengadilan Nuremberg.

Pada  29 Juni 2018, media Jerman, Bild melaporkan keterlibatannya dengan BND pasca-perang menyusul kematian Burwitz di Munich bulan lalu.

Keterangan kepala departemen sejarah BND menguatkan laporan Bild tentang kegiatan Burwitz di Jerman Barat — yang bersatu kembali Jerman Timur yang berhaluan komunis pada 1990 untuk membentuk negara Jerman seperti saat ini.

“BND mengonfirmasi bahwa Burwitz adalah anggotanya selama beberapa tahun hingga 1963, dengan menggunakan nama samaran,” kata Bodo Hechelhammer.

Gudrun Burwitz bekerja sebagai sekretaris di markas BND di Pullach, dekat Munich, dari tahun 1961 hingga 1963.

Pada saat itu organisasi tersebut berada di bawah kendali Reinhard Gehlen, mantan komandan intelijen militer Nazi yang meninggalkan BND pada tahun 1968.

Hechelhammer mengatakan, BND tak biasa mendiskusikan tentang karyawannya, baik yang masih bekerja atau yang sudah mantan. Namun perkecualian diberikan kali ini, dengan alasan Burwitz telah meninggal dunia.

Sejumlah lembaga di Jerman seperti BND telah bergulat soal bagaimana menangani keterkaitannya dengan Nazi pasca-perang.

Gudrun Burwitz diketahui menonjol dalam politik sayap kanan sepanjang hidupnya. Dia dilaporkan menjadi anggota terkemuka Stille Hilfe (Silent Help), sebuah kelompok rahasia yang diketahui memberikan dukungan hukum dan keuangan kepada mantan anggota SS Nazi.

Dia juga kerap menghadiri acara dan demonstrasi yang digelar kaum Neo-Nazi lainnya sebelum kematiannya. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.