Tes Calon KPUD Di Papua, Didominasi Usia Muda

Tes Calon KPUD Di Papua, Didominasi Usia Muda

Kabar5.Com, Jayapura | Tes seleksi Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di Povinsi Papua. Didominasi usia muda, 18 November 2018.

Hal itu terlihat, saat hari terakhir pendaftaran berkas calon KPUD di Sekretariat Tim Seleksi 2 Calon Anggota KPUD Papua, Jl. SPG No 7 Perumnas 1 Waena, Jayapura.

 

“Ya, hari ini merupakan hari terakhir dari pendaftaran calon Komisioner KPUD di Papua”, kata Ketua Tim Seleksi KPUD Papua, Pieter Ell, kepada Kabar5.Com, Jumat 16 November 2016 Malam di Jayapura.

 

“sesuai jadwal tahapan pendaftaran ditutup tanggal 16 November 2018”, kata Pieter Ell.

 

Untuk seleksi KPUD kali ini, sebut Pieter Ell, pihaknya menyeleksi calon anggota KPU Kabupaten Intan Jaya, Jayawijaya, Biak Numfor, dan Sarmi.

 

“kami Timsel 2, khusus menyeleksi calon anggota KPU Kabupaten Intan Jaya, Jayawijaya, Biak Numfor, dan Sarmi” kata Ketua Timsel 2 KPU itu.

 

Sementara itu, Verry Dapla, salah satu peserta calon Komisioner KPU untuk wilayah Yahukimo mengatakan, antusias kalangan usia muda yang mengikuti seleksi komisioner KPU. Ini menunjukan banyaknya penganguran di Papua.

 

Ia menyebutkan, tuk calon KPU Yahukimo saja, yang terdaftar 150 orang. Sedangkan yang dibutuhkan 5 orang. Ini menunjukan bahwa penganguran banyak dan pencari kerja banyak di Yahukimo. Bagaimana dengan jumlah tambahan lain dari kabupaten lain yang ikut tes KPU di Papua.

 

“bayangngkan dibutuhkan anggota KPU 5 orang saja, tapi yang mendaftar ratusan orang. Pemerintah Daerah, harus buka mata soal banyaknya pengangguran dan orang pencari kerja di Papua”, kata Verry.

 

Ia pun menyarakan, tuk meminimalisir banyaknya orang berbondong-bondaong datang membawa berkas lamaran tes KPU. Timsel lakukan tes wawancara dan tertulis diawal, biar terlihat orang yang berkompeten dan yang mampu saja ikut tes. Tapi kalau daftar berkas diawal, ya orang tak berkompotenpun masukan berkas.

 

“Timsel lakukan tes tertulis dan wawancara di awal, baru menyusul berkas calon. Supaya ketahuan siapa berkompeten. Dan selama tes berkas diawal, tetap ratusan hingga ribuan akan daftar”, Ujarnya.

 

(Richard Mayor)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.