TNI Amankan Komplotan Perompak di Perairan Ambalat

TNI Amankan Komplotan Perompak di Perairan Ambalat
Komplotan perompak yang sering beraksi di perairan ambang batas laut ambalat diamankan oleh Team Eastern Fleet Quick Response (EFQR) Lantamal XIII Tarakan Jumat, 25 Agustus 2017.

Kabar5.Com, Nunukan | Team Eastern Fleet Quick Response (EFQR) Lantamal XIII Tarakan Kalimantan Utara amankan 4 perompak yang sering beraksi di perairan ambang batas laut Ambalat.

Keempat perompak tersebut sering merampas hasil melaut serta mesin perahu para nelayan. Bahkan komplotan perompak ini tak segan segan membunuh korbannya bila melawan.

Komandan Lantamal XIII Tarakan, Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni mengatakan, penangkapan komplotan perompak tersebut berawal dari laporan warga yang menjadi korban perompakan.

Pelaku ditangkap Jumat (25/08), berawal dari laporan nelayan yang dirompak di perairan Gusung Burung pulau Bunyu oleh orang yang tidak dikenal dengan jumlah perompak 4 orang dengan mengunakan perahu,” ujarnya Minggu, 27 Agustus 2017.

Dari laporan nwelayan tersebut Team Eastern Fleet Quick Response (EFQR) Lantamal XIII Tarakan kemudian meluncur ke tempat kejadian perkara. Sekitar pukul 14.00 Wita, Team EFQR melihat sebuah perahu dongfeng warna hijau putih dengan lis kuning seperti ciri-ciri perahu perompak yang dilaporkan masyarakat.

Tim yang mencurigai kapal tersebut kemudian melakukan pengejaran. Setelah berhasil menghentikan laju perahu, Tim EFQR melaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan.

“Di perahu ada muatan udang 10 kg, parang 5 buah, kampak 1 buah, kelereng sebagai peluru senjata penabur 45 buah, HP 2 buah, korek api 2 buah, KTP atas nama Frengki dan fotocopy ijazah pemilik perahu,” ucap Ferial.

Para pelaku, yakni Aldi Sinema (24), Ardi (19), Muhlis (37), dan Frengki (35) dibawa ke Pos AL Bunyu.

Sabtu, 26 Agustus 2017, para pelaku prompakan bersama barang bukti diserahkan ke Mako Lantamal XIII untuk menjalani proses penyelidikan lebih lanjut.

 

(red)

 

Facebook Comments

Tags: , ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.