Virus Mers-CoV Hantui Jamaah Haji, Hindari Dekat dengan Unta

Virus Mers-CoV Hantui Jamaah Haji, Hindari Dekat dengan Unta

Kabar5.Com, Madinah | Jamaah haji Indonesia selama di tanah suci diminta untuk tidak memaksakan diri melakukan kegiatan berlebih di luar tempat tinggal lantaran suhu panas yang mencapai 40 derajat celsius.

Hal itu, untuk mencegah terjadinya heatstroke, akibat terkena terik matahari secara langsung. Bukan itu saja, jamaah Indonesia juga diimbau agar hati-hati terhadap penularan MERS-CoV untuk tidak dekat-dekat dengan unta.

“TKHI harus memantau jangan ada yang selfie dengan unta, karena kita masih cukup harus waspada. Saya harap datang 392 dan pulang 392 juga, sehat. Dan Insya Allah ibadah hajinya mabrur,” tambah Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI dr. Kuwat Hudoyo, 19 Juli 2018.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusuf Singka dalam kesempatan terpisah mengatakan bahwa kondisi jemaah tahun ini lebih baik.

“Hasil pantauan kami dari beberapa kloter yang telah berangkat kondisi kesehatan jemaah haji lebih baik jika dibandingkan pada tahun yang lalu. Jemaah tampak lebih sehat dan bugar. Mereka lebih awal dilakukan pembinaan di kabupaten kota,” tegasnya.

Eka menambahkan, di bandara Madinah dan Jeddah juga di siapkan Tim PPIH bidang kesehatan Bandara.

“Tim PPIH ini selalu siap melayani jemaah saat tiba di bandara dan saat kepulangan nanti,” ujar Eka.

Apa itu virus Mers-CoV?  Virus ini diduga berasal dari Timur Tengah ini disebabkan oleh corona virus yang mirip dengan corona virus pada kelelawar. Dan, penularannya pun dari hewan (unta), namun belum terbukti secara ilmiah jika menular dari manusia ke manusia melalui air liur yang dihirup oleh orang lain. (Red)

 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.