Wagub Apresiasi Hasil Panen Masyarakat Desa Jernih

Wagub Apresiasi Hasil Panen Masyarakat Desa Jernih

Kabar5.Com, Jambi | Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar menghadiri kegiatan panen padi sawah Kelompok Tani Payo Lebar, Desa Jernih, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi, Jumat 10 Februari 2017.

Turut mendampingi Danrem 042 Gapu Kolonel Inf. Refrizal, Pj. Bupati Sarolangun, Arief Munandar.

Dikatakan Fachrori Umar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi sangat mengapresiasikan para petani Desa Jernih, karena dari hasil panen yang dicapai para petani sudah bisa melebihi dari yang biasa dipanen.

“Pemerintah daerha hanya berusaha merobah mainset kebiasaan panen satu kali satu tahun, kini bisa dua kali atau tiga kali dalam satu tahun,” ujarnya.

Fachrori Umar mengatakan, bahwa keberhasilan yang diberikan oleh masyarakat Kelompok Tani Payo Lebar, Desa Jernih, Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun bisa bertemu dengan pejuang kedaulatan pangan (pertanian).

“Saya merasa bersyukur dan berterimakasih kepada seluruh para petani yang merupakan ujung tombak dari pangan, dengan berkerja sama antara pemerintah, TNI dan masyarakat bukti tekad dan kesungguhan kita dalam melaksanakan program-program dan percepatan pelaksanaan pembangunan pertanian, guna memperkuat ketahanan pangan daerah, sekaligus penguat ketahanan pangan nasional,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pembangunan pertanian tanaman pangan melalui upaya peningkatan produksi pangan yang difokuskan kepada aspek ketersediaan pangan yang memadai dan berkelanjutan, terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan beras merupakan tanggung jawab bersama.
“Pemenuhan kebutuhan beras merupakan tangungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Kita harus saling kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, saling gontong royong bersama,” paparnya.

Wagub juga berpesan kepada para petani untuk tidak mengalih fungsikan lahan sawah menjadi lahan pertanian lainnya. “Kita jangan terlalu mudah mengalihfungsikan lahan sawah menjadi lahan untuk lainnya, karena beras paling utama dibutuhkan oleh masyarakat,” pesan Wagub.

Sementara itu, Danrem 042 Gapu Kolonel Inf. Refrizal menyampaikan, pemerintah bersama TNI terus berupaya meningkatkan pendapatan dan mensejahterakan masyarakat ditahun 2016 yang lalu pemerintah dan TNI telah berhasil mencetak sawah seluas 120 ha di Desa Jernih, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun ini.

“Kita tahu Bangsa Indonesia pada masa lalu pernah menjadi pengimpor beras. Untuk itu kita berusaha kembali,” ungkapnya

Danrem sangat menginginkan Provinsi Jambi sebagai daerah penghasil beras dan bangsa Indonesia bisa sebagai bangsa swasembada beras.

“Para petani jangan ragu dan bimbang masalah penjualan beras. Bulog wajib membeli beras para petani. Sesuai dengan harga pasar,” ujarna.

Di tempat yang sama Pj. Bupati Sarolangun, Arif Munandar menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Desa Air Jernih yang berkerjasama antara pemerintah dan TNI bersama masyarakat. Cetak sawah merupakan salah satu solusi yang tepat untuk menghadapi permasalahan yang dihadapi bangsa ini.

“Pemerintah Kabupaten sangat mendukung langkah para petani dalam upaya peningkatan swasembada beras,” ujarnya. (Inro)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Tinggalkan Balasan