WN Polandia Suplai Mesiu Untuk Kelompok Kriminal Bersenjata

WN Polandia Suplai Mesiu Untuk Kelompok Kriminal Bersenjata

Kabar5.Com, Jakarta | WN Polandia, Jakup Fabian Skrzypski (JFS), menyuplai mesiu untuk kelompok kriminal bersenjata (KKB). Polisi masih mendalami sejauh mana keterlibatan Jakup dalam pergerakan KKB di Papua, 15 September 2018.

“Sementara motifnya menyuplai KKB. (Menyuplai) mesiu. (Sejauh apa peran Jakup) itu masih pendalaman terus,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto kepada wartawan, pada Jumat, 14 September 2018.

 

Ditanya ada-tidaknya kaitan seorang pelajar yang membawa 153 peluru aktif dan uang ratusan juta dengan Jakup, Setyo mengaku pihaknya belum mendapatkan relasi. Namun Setyo menyayangkan tindakan KKB yang melibatkan anak di bawah umur dalam pergerakannya.

 

“Ini juga belum tahu ada kaitan dengan anak-anak bawa peluru dan duit Rp 100 juta atau tidak. Ini KKB sudah menggunakan anak di bawah umur,” ujar dia.

 

Soal makin diperketatnya pengawasan orang asing di Papua, Setyo menuturkan sebenarnya sudah ada aturan untuk melapor ke polisi. Dia mengungkapkan kedatangan orang asing memang dikhawatirkan bertujuan turut campur dalam masalah Papua.

 

“Kita sudah aturannya orang asing ke Papua harus melapor. Ini kita khawatirkan terjadi, ada orang asing mendukung dan ikut campur dengan KKB,” tutur Setyo.

 

Setyo menambahkan pemerintah Polandia telah meminta pemerintah Indonesia melindungi Jakup. Namun Setyo menegaskan Jakup tak bisa diekstradisi ke negara asalnya karena harus menjalani proses hukum.

 

“Sudah (ada komunikasi dengan Polandia). Mereka minta untuk dilindungi. Nggak bisa ekstradisi, orang Indonesia kalau salah di luar tetap dilindungi negara, tapi kasusnya tetap diproses,” tandas Setyo. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.