WNA, Asal Polandia Ditetapkan Sebagai Tersangka “Makar”

WNA, Asal Polandia Ditetapkan Sebagai Tersangka “Makar”

Kabar5.Com, Jayapura | Polda Papua melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Papua resmi tetapkan seorang warga negara asing, asal Polandia sebagai tersangka “Makar”, 19 September 2018.

Penetapan tersangka terhadap WNA itu, atas perbuatan perdagangan senjata api dan amunisi kepada kelompok kriminal bersenjata di daerah Yambi, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

 

Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin, Rabu 19 September 2018 mengatakan warga negara asing, asal polandia berinisial J.S bersama dua rekannya Y-S dan S-M (warga papua), ketiganya kami tetapkan sebagai tersangka perbuatan Makar”,.

 

Ketiga tersangka itu menurut Kapolda dijerat pasal 106 KUHP tentang Makar. Pasal 110 tentang permufakatan untuk melakukan suatu kejahatan. Dan pasal 111KUHP tentang barang siapa melakukan hubungan dengan orang lain dengan maksud untuk menggulingkan pemerintahan yang sah. Dipidanakan paling lama 6 tahun penjara.

 

“JS  terbukti telah melakukan persepakatan untuk melakukan makar di papua, dan harus diproses sesuai dengan hukum yang berlaku di indonesia”, kata Kapolda Papua itu.

 

Sekedar diketahui, ketiganya ditangkap saat hendak melakukan transaksi 139 butir amunisi dengan kelompok kriminal bersenjata di daerah Habema, Kabupaten Jayawijaya.

 

(Richard Mayor)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.