Aktivis Lingkungan Gelar Upacara Di Hutan Magrove

Aktivis Lingkungan Gelar Upacara Di Hutan Magrove

Kabar5.Com, Jayapura | Maknai hari prolakmasi HUT RI ke-73 aktivis lingkungan yang tergabung dalam Forum Komunitas Jayapura (FKJ), mengelar  upacara  di Hutan Mangrove, Hanyaan Entrop, Kota Jayapura, 17 Agustus 2018. 

Pantuan  PNIELnews.com, dimana upacara  dilakukan diatas rakit yang terbuat dari botol-botol mineral dan anyaman bambu, guna menjadi tumpuan berdirinya para peserta upacara.

 

Upacara diikuti oleh 45 orang yang menggambarkan tahun proklamasi kemerdekaan RI, 8 rakit pertanda bulan kemerdekaan, 17 dayung pertanda tanggal kemerdekaan, dan 73 bendera merah putih tanda usia kemerdekaan RI.

 

Fredy Wanda selaku inspektur upacara mengatakan upacara di hutan mangrove ini untuk mengenalkan isu lingkungan serta pentingnya hutan mangrove bagi tiga kampung di Teluk Humbold yakni Tobati, Engros dan Nafri.

 

” Makna mengisi kemerdekaan bagi ketiga kampung ini. Jangalah kelestarian mangrove. Jangan membuang sampah ke laut. ” kata Fredy.

 

 

” Tugas kita semua sebagai masyarakat adalah untuk menjaga lingkungan hutan dan laut dengan tidak membuang sampah sembarangan. Mari kita menjaga dan merawat alam lewat apa yang Tuhan titipkan bagi kita. ”  Pesan  Fredy Ketua Forum Peduli Port Numbay Green (FPPNG).

 

Sementara itu Koordinator kegiatan, Abdel Gamel Nasir menuturkan   upacara ini dipersiapkan selama hampir 2 minggu dengan konsep rakit yang dibuat menggunakan bahan-bahan  bekas.

 

” Kami gunakan botol minuman dan jerigen bekas. Ada yang menyumbang dari rumah dan ada yang sengaja mengumpulkan. ” katanya.

 

” Hutan mangrove Hanyaan ini hutan adat sehingga peserta kami batasi agar tidak mengganggu habitat yang ada di dalamnya. Setelah kegiatan juga teman-teman ikut mengumpulkan sampah plastik di hutan mangrove. ” Pungkasnya.

 

 

(Richard Mayor)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.