Bebas di Hari Kemerdekaan, Napi Sujud Syukur

Bebas di Hari Kemerdekaan, Napi Sujud Syukur

Kabar5.Com, Ciamis | Sebanyak 198 narapidana Lapas kelas IIB Ciamis dapat remisi bertepatan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Sembilan orang di antaranya langsung bebas, 17 Agustus 2018. 

Sebagai bentuk rasa syukur, mereka yang bebas dari jeruji besi ini bersujud di lapangan. Lela Fitria 34, warga Tasikmalaya, mendekam di Lapas Ciamis sekitar dua tahun gara-gara kasus pencurian uang milik majikannya.

Selama di penjara, ia sudah dua kali mendapat remisi atau pengurangan masa tahanan. Dia berkelakuan baik selama menjalani proses binaan.

” Alhamdulillah setelah mendapat remisi di hari kemerdekaan ini saya langsung bebas, rencananya saya akan kembali ke keluarga. Memulai lembaran baru, mungkin mau kerja. ” ujar janda dua anak ini.

Di area penjara, Lela mengaku banyak mendapat pelajaran dan ilmu berharga. Terutama dalam hal ilmu agama yang rutin ia tekuni saat jadwal pengajian.

” Kegiatannya selama di sini, pengajian, olahraga, dilatih juga keterampilan. Saya tidak akan mengulangi perbuatan yang melanggar hukum. Sudah cukup satu kali, dulu saya berbuat itu karena khilaf. ” kata Lela.

Narapidana lainnya, Iwan Herawan 22, warga Baregbeg Ciamis, bersyukur mendapat remisi satu bulan dan langsung bebas. Ia berjanji menapaki kehidupan lebih baik.

Iwan masuk bui karena mencuri uang Rp 1,8 juta di tempat kerjanya. Dia kepepet urusan kebutuhan hidup. Menurutnya, uang hasil dari kerja sebagai buruh di toko bangunan terasa belum cukup.

” Di dalam (Lapas Ciamis) saya banyak belajar. Mendapat ilmu yang sangat bermanfaat untuk bekal ke depannya. ” ujar ayah satu anak ini.

Iwan menatap lembaran anyar. Dia berencana merantau ke Sumatera untuk ikut bersama kakaknya bekerja di kebun sawit.

” Alhamdulillah keluarga masih menerima saya, setiap seminggu sekali dijenguk ke sini, istri dan anak. ” tutur Iwan.

Dari total 297 warga binaan di Lapas kelas II B Ciamis, sebanyak 198 orang mendapat remisi HUT Ke-73 RI. Tercatat sembilan orang di antaranya langsung bebas setelah dikurangi remisi.

” Saya ucapkan selamat kepada yang bebas. Penerima remisi diharapkan menjadi warga negara yang baik, berbudi luhur dan berguna bagi pembangunan. Bagi yang belum mendapat remis,i tetap bersabar. Karena remisi ini hak yang diberikan bagi warga binaan yang memenuhi persyaratan. ” ujar Kepala Lapas Kelas II B Ciamis Gumilar Budirahayu. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.