Bedug Raksasa Dipukul Saat Detik-detik Proklamasi

Bedug Raksasa Dipukul Saat Detik-detik Proklamasi

Kabar5.Com, Purworejo | Alun-alun kota Purworejo selalu menjadi tempat diselenggarakannya upacara peringatan hari kemerdekaan RI. Salah satu yang spesial saat upacara tersebut ketika bedug terbesar di dunia yang berada di Masjid Agung Darul Muttaqin Purworejo ikut ditabuh, 17 Agustus 2018.

Letak masjid berada di sebelah barat alun-alun Purworejo. Bedug raksasa buatan tahun 1834 itu dipukul bertalu-talu berbarengan dengan bunyi sirine saat detik-detik proklamasi pada pukul 10.00 WIB sekitar 1 menit lamanya.

Seiring warga masyarakat di sekitar alun-alun kota menundukkan kepala, suara bedug bertalu-talu beriringan dengan suara sirine yang menjadi perhatian warga.

Parwoto, petugas pemukul bedug menuturkan bahwa pemukulan bedug saat detik-detik proklamasi itu sudah menjadi tradisi. Bedug yang terbuat dari kayu jati utuh dengan panjang 292 cm dan garis tengah 194 cm juga menjadi salah satu ikon Kabupaten Purworejo.

” Ini bedug terbesar di dunia, namanya bedug Pendowo karena dibuat dari kayu jati utuh yang bercabang 5. Memang tradisi pukul bedug pada setiap detik-detik proklamasi sudah menjadi tradisi setiap tahun sejak jaman dahulu. Setiap hari juga banyak yang ke sini untuk lihat dan foto-foto. ” tutur Parwoto.  (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.