Bupati Morotai: Negara Hadir Terwujud Lewat Palapa Ring

Bupati Morotai: Negara Hadir Terwujud Lewat Palapa Ring

Kabar5.Com, Maluku | Bupati Kabupaten Pulau Morotai Benny Laos mengatakan konsep pembangunan dari pemerintah tentang negara harus hadir pada rakyat Indonesia telah terwujud. Salah satunya dirasakan masyarakat Morotai melalui fasilitas internet. Karena itu, Benny mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah.

“Saya secara pribadi dan atas nama pemerintah dan rakyat Morotai mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi-JK, sebagaimana program nawacitanya, yaitu membangun dari pinggiran, ini membuktikan bahwa negara harus hadir pada rakyat, salah satunya dalam bidang telekomunikasi,” ujar Benny saat berdialog bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di Pulau Morotai, Maluku Utara, Rabu 2 Januari 2019.

Menurut Beny, program BAKTI dan Kementerian Kominfo hingga tahun ini telah dirasakan masyarakat, bahkan seluruh desa sudah bisa berkomunikasi dengan menggunakan telepon seluler.

“Alhamdulillah secara jujur ini sangat membantu, Kami hari ini sudah bisa disamakan dengan daerah-daerah yang maju, walaupun belum merata tapi terkadang masyarakat yang dari jauh datang kesini bisa nonton video dari handophone,” ujar Benny.

Selain dengan hadirnya Palapa Ring bagi masyarakat Morotai, Benny juga mengatakan daerahnya tersebut juga mendapatkan bantuan dari telkom untuk pemasangan 4G seingga kurang lebih ada 40% wilayah di Morotai yang sudah terupdate 4G.

Menkominfo bertandang ke Morotai, Maluku Utara, untuk melakukan uji coba langsung jaringan tulang punggung Palapa Ring untuk akses internet di Kabupaten Pulau Morotai.

Disambut Bupati Pulau Morotai Benny Laos, Menkominfo berdialog langsung dengan dan masyarakat setempat yang menikmati infrastruktur layanan internet melalui program Palapa Ring ini.

“Tadi kita ke tempat mendaratnya kabel laut yang merupakan bagian dari Palapa Ring Tengah, jadi masyarakat harus mempunyai akses internet, apalagi sekarang sudah jamannya internet yang kecepatannya tinggi, tidak mau yang lemot-lemot,” ujar Rudiantara

Palapa Ring Tengah, menurut Menkominfo, merupakan program yang menghubungkan daerah-daerah yang selama ini dianggap tidak fisibel secara bisnis oleh operator seluler, jadi pemerintahan Pak Jokowi-JK mengambil posisi kebijakan keberpihakan, walaupun tidak fisibel secara bisnis tapi disisi lain untuk memudahkan masyarakat berkomunikasi melalui internet.

Program Palapa Ring ini juga bekerjasama dengan operator jaringan seluler seperti Telkom, Indosat dan XL yang membangun jaringan kabel-kabel laut, tapi mereka pada umumnya fokus pada daerah yang bisnis, sedangkan yang tidak bisnis merupakan prioritas Kominfo untuk wilayah 3T seperti Pulau Morotai. (Red)

 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.