Bupati Serang: Saya Minta OPD Konsisten Jalankan Program

Bupati Serang: Saya Minta OPD Konsisten Jalankan Program

Kabar5.com, Serang – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menegaskan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) konsisten dalam menjalankan programnya. Pemerintah Kabupaten Serang akan menyoroti peningkatan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) yang menjadi program prioritas.

Hal itu disampaikan Bupati Tatu, saat membuka Forum Gabungan Perangkat Daerah di Aula Tb Suandi, Senin 12 Maret 2018. Tatu menjelaskan, forum gabungan perangkat daerah membahas rancangan rencana kerja yang menjadi kegiatan, sasaran prioritas dan sinergitas program antar perangkat daerah.

“Forum gabungan perangkat daerah diselenggarakan dengan mengkombinasikan hasil Musrenbang di kecamatan dan proses hasil reses DPRD Kabupaten Serang,” ungkapnya.

Selain itu, pencapaian IPM bisa dilakukan dengan melakukan pembagian tugas kepada masing-masing OPD. Pasalnya, OPD dianggap sebagai pemegang kendali untuk pencapaian IPM tersebut.

“Sehingga jangan sampai keluar jalur untuk target infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan daya beli sebagai tolak ukur peningkatan IPM,” imbuhnya.

Program prioritas yang  sudah berjalan, kata Tatu, belum terlaksana dengan baik. Karena itulah, Pemprov meminta OPD menyerahkan detil datanya terkait program pendidikan dan kesehatan.

”Pendidikan dan Kesehatan kami minta untuk detilkan datanya. Seperti, ruang kelas yang rusak ada berapa dan puskesmas yang perlu diperbaiki ada berapa. Sehingga harus jelas. Agar bisa dilakukan perencanaan, agar segera diperbaiki,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Serang, Anang Mulyana menuturkan, Forum Gabungan Perangkat Daerah ditunjukan agar menyelaraskan rencana program setiap OPD yang sesuai tugas pokoknya. Tujuan penyelenggaraan forum tersebut, adalah untuk menyusun rencana kegiatan tahun 2019.

“Masing-masing mengakomodir program prioritas pada rancangan agar konsisten. Sehingga target RPJMD dan RKPD dapat terwujud,” katanya.

Menurut Anang, Kepala Perangkat Daerah ditunjuk untuk memaparkan rencana program dan kegiatannya pada tahun 2019 sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan kewenangan masing-masing. Penunjukkan itu juga mengarah langsung pada upaya pencapaian sasaran pembangunan daerah tahun 2019.

“Rencana kerja disusun melalui kegiatan forum gabungan perangkat daerah ini akan dilanjutkan dengan penyelenggaraan musrenbang rkpd yang akan digelar bersama-sama dengan perwakilan seluruh stakeholder di kabupaten serang,” ujarnya.

Forum Gabungan Perangkat Daerah itu dihadiri Wakil Bupati Pandji Tirtayasa, Sekertaris Daerah Agus Erwana dan  Kepala Bappeda Anang Mulyana. (red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.