Calon Mahasiswa Untirta Banten Keluhkan Biaya Kuliah Mahal

Calon Mahasiswa Untirta Banten Keluhkan Biaya Kuliah Mahal
Ilustrasi Biaya Kuliah
Posted by:

Kabar5.Com, Serang | Calon mahasiswa baru jalur seleksi mandiri Universitas Tirtayasa (Untirta) Banten mengeluhkan mahalnya biaya kuliah. Untuk bisa kuliah di Jurusan Teknik, misalnya mahasiswa harus merogoh kocek untuk membayar Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI), untuk non eksak sebesar Rp.10 juta dan eksak Rp.15 juta.

“Kalau sebesar itu, tidak sanggup orang tua saya,” ujar Okta, calon mahasiswa baru Jurusan Teknik kepada awak media, Kamis, 27 Juli 2017.

Saat ditanya lebih lanjut, ternyata Fenda hanya mendaftar kuliah lewat jalur mandiri.
“Saya tidak menyangka biaya kuliahnya mahal,” ujarnya.

Sementara, Kamson, orang tua Okta mengatakan, bahwa besaran uang SPI yang dibebankan kepada calon mahasiswa tidak rasional dan sangat membebani mahasiswa. Karena berdirinya Universitas Negeri di daerah atas dukungan pemerintah setempat yang sudah difasilitasi semua oleh pemerintah.

Sangat memprihatinkan dan harus ditinjau ulang besaran uang sumbangan SPI ini. Saya berharap penentuan uang SPI ini harus mempertimbangkan kemampuan finansial atau perekonomian calon mahasiswa,” ujar orang tua calon mahasiswa baru Jurusan Teknik ini kepada awak media, Kamis, 27 Juli 2017.

“Saya menilai, nominal uang SPI tersebut tidak memperhatikan kondisi perekonomian keluarga calon mahasiswa,” sambungnya.

Sementara, pihak Untirta Bagian Rektor 2 BNPB yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, bahwa apabila orang tua calon mahasiswa tidak sanggup atau keberatan untuk membayar SPI atau minta keringanan dipersilahkan melakukan komunikasi ke Bagian PNPB Rektorat Untirta. (ady/red)

 

Facebook Comments

Tags: , ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.