Dermaga Kali Mamberamo Mangkrak, Warga Pertanyakan Milyaran Dana Pembangunannya

Dermaga Kali Mamberamo Mangkrak, Warga Pertanyakan Milyaran Dana Pembangunannya

Kabar5.Com, Yalimo| Masyarakat Distrik Benawa, Kabupaten Yalimo, Papua mempertayakan uang senilai 8,9 Milyar yang dianggarkan pemerintah kabupaten Yalimo tahun 2017. Kucuran dana sebesar itu untuk membangun dermaga sungai mamberamo di kampung Naira yang kini tak bisa digunakan.

Pembangunan dermaga tersebut dikerjakan oleh PT.Bamba Puang Perkasa General Contraktor & Suppiler sejak Agustus 2017 lalu. Meski dermaga sudah selesai dikerjakan, namun tak bisa digunakan oleh masyarakat sekitar sungai mamberamo.

“Dermaga Naira ini dibangun tahun 2017. Pembangunannya sudah selesai dikerjakan tetapi kami belum bisa gunakan. Karena dermaga ini tidak memenuhi syarat”, kata tokoh masyarakat Benawa, Titus Nakambi kepada Kabar5.Com, di Kampung Naira, Distrik Benawa Jumat 30 Maret 2018 lalu.

Titus menyebut, jika dermaga ini bisa digunakan tentunya akan sangat membantu masyarakat yang hidup dan tinggal di pingiran sungai Mamberamo. Pasalnya, dermaga itu menjadi kebutuhan masyarakat sekitar Mamberamo

“Tidak saja masyarakat Benawa Kabupaten Yalimo, tapi juga masyarakat dari Kabupaten Jayapura, Tolikara, Mamberamo Raya, Mamberamo Tenggah, Puncak Jaya, Pengunungan Bintang, dan Yahukimo,” sebut Titus.

Sementara itu Wakil Ketua1 DPD Kabupaten Yalimo, Kristian Bomol menuturkan, pembangunan Dermaga Mamberamo di Kampung Naira mengunakan dua sumber Dana Alokasi Khusus dan Otonomi Khusus lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Yalimo tahun 2017.

“Anggaran untuk membangun dermaga mamberamo ini sudah dikucurkan 100%  tahun 2017 dengan total anggaran 8,9 Milyar. Pembangunannya sudah selesai namun masyarakat belum bisa menikmatinya”, papar warga asli Yalimo itu kesal.

Pihaknya akan meminta pertanggungjawaban Pemerintah Kabupaten Yalimo dan memangil kontaraktor yang mengerjakan proyeknya.

“Kita minta mereka untuk menjelaskan soal dana senilai 8,9 Milyar tersebut,” pungkasnya.(Richard Mayor)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.