Gunung Lawu Membara, 1.500 Pendaki Diperintahkan Turun

Gunung Lawu Membara, 1.500 Pendaki Diperintahkan Turun

Kabar5.Com, Magetan | Kebakaran hutan terjadi di puncak Gunung Lawu Magetan, Jawa Timur. Lebih dari 1.500 pendaki yang akan merayakan HUT kemerdekaan RI ke 73 diperintahkan turun, 17 Agustus 2018.

” Ya betul jadi sampai saat ini tercatat 1.500 lebih yang melakukan pendakian ke puncak Gunung Lawu melalui pintu Cemoro Cewu. Kita sudah perintahkan untuk turun. ” jelas Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan Fery Yoga Saputra.

Dari 1.500 pendaki tersebut kata Fery sudah ada separo yang turun dari puncak dan sisanya masih perjalanan turun. Personel yang membantu untuk pengamanan dan evakuasi yakni sekitar 80 personel PAM HUT.

” Personel dilibatkan khusus PAM HUT RI sekitar 80 an lebih terdiri dari BPBD, TNI, Polri dan juga Basarnas pos Sar Trenggalek kita siagakan. ” katanya.

Dikatakan Fery letak hutan yang terbakar yakni Petak 73/2 masuk KPH Lawu DS. Saat ini titik api yang membakar sudah berkurang. Api yang membakar hutan pinus itu lanjut Fery diketahui oleh pendaki sudah besar antara pos 4 sampai 5 hampir sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

Imbas dari kebakaran lanjut Fery, untuk sementara jalur pendakian ditutup. Pantauan detikcom, ratusan pendaki yang telah turun saat ini beristirahat di pintu masuk Cemoro Sewu.  (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.