Harapan Warga Kampung Melayu Terbebas Dari Banjir

Harapan Warga Kampung Melayu Terbebas Dari Banjir
Harapan Warga Kampung Melayu Terbebas Dari Banjir

Kabar5.Com, Jakarta | Banjir seolah abadi menerjang rumah Rizki Nugraha 24, warga Jalan Kebon Pala Tanah Rendah, RT 06 RW 08 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Harapan untuk terbebas dari banjir harus dihadapi dengan dua pilihan, 13 November 2018.

“Pengen juga di bantaran kali dibuat tanggul seperti di Kampung Pulo, tapi kalau di sini dibangun, rumah saya bisa kena gusur,” ucap Rizki di lokasi, Selasa, 13 November 2018.

 

Rizki sebenarnya mendukung normalisasi Sungai Ciliwung sebagai salah satu opsi mencegah banjir di Ibu Kota. Namun, jika program itu terealisasi di wilayahnya, dia akan kehilangan tempat tinggal.

 

Rizki mengajak Medcom.id melihat wilayah sekitar rumahnya yang telah ditempati selama 16 tahun itu.

 

Rumah bertingkat dua Rizki hanya berjarak tiga petak rumah dari bibir Sungai Ciliwung. Jika air meluap, rumahnya langusng tenggelam. Karena posisinya berbatasan langsung dengan Sungai Ciliwung.

 

“Informasinya Kampung Kebon Pala Tanah Rendah mau dibikin tanggul juga seperti di Kampung Pulo. Pembangunan tanggul itu dari badan kali ditarik ke rumah warga itu sekitar 100 meter,” jelas Rizki.

 

Dia dan keluarganya was-was jika tanggul itu benar-benar diwujudkan. Tinggal di rumah susun (rusun) jadi pilihan terakhir.

 

“Pilihannya pindah ke rusun. Dulu sempat ada sosialisasi kalau digusur bakal dipindah ke rusun Marunda, Cilincing dan Rawa Bebek,” beber dia.

 

Rizki mengatakan, warga telah diimbau membuat sertifikat dan aset rumah kemudian dilaporkan ke ketua RT 06. Hal ini guna ada pengakuan dan surat legal rumah yang ditempati warga bila terjadi penggusuran.

 

“Dari kemarin ada pemberitahuan ke warga tentang membuat surat, seperti sertifikat tanah, kalau tidak diurusin kasihan warganya. Ada juga yang bilang enggak diganti rugi, ada yang bilang hanya setengah dari nilai NJOP itu,” ujar Rizki.

 

Minimal, kata Rizki, ada pengganti bila rumahnya digusur. Namun, proyek itu hingga kini belum berjalan. RW 08 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur salah satu wilayah langganan banjir. Hujan dua hari belakangan, membuat wilayah ini terendam air setinggi 50 sentimeter. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.