Ini Yang Menyebabkan Anda Sering Ngantuk Saat Puasa

Ini Yang Menyebabkan Anda Sering Ngantuk Saat Puasa

Kabar5.Com, Sekilas Info |  Banyak orang yang mengungkapkan bahwa godaan terberat puasa bukanlah menahan makan dan minum, melainkan menahan rasa kantuk. Apalagi jika seharian bekerja di kantor, rasa kantuk membuat sulit konsentrasi saat bekerja.

Rasa kantuk yang datang biasanya disertai dengan tubuh yang lemas. Padahal puasa harus dijalani dengan rasa semangat. Coba perhatikan kebiasaan sehari-hari saat puasa. Sebab, ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat Anda lemas dan mengantuk sepanjang hari. Simak daftarnya berikut ini.

Makan Berlebihan Saat Sahur

Jika Anda berpikir mengonsumsi banyak makanan saat sahur agar puasa lancar, anggapan tersebut kurang tepat. Perlu diketahui, beberapa jenis makanan punya indeks glikemik yang tinggi. Makanan seperti itu lebih cepat dipecah menjadi gula dan diserap ke dalam darah. Maka terjadilah lonjakan kadar gula darah yang menyebabkan rasa kantuk saat puasa.

Menu Sahur Tidak Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Pastikan ada makanan yang mengandung zat besi dan karbohidrat kompleks pada menu sahur Anda. Menu karbohidrat tersebut bisa didapatkan dari beras merah, ubi, jagung, oatmeal dan singkong. Kandungan karbohidrat kompleks bisa menahan glikogen lebih lama untuk menghasilkan glukosa.

Sementara untuk zat besi bisa didapatkan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, dan ikan teri. Zat besi akan membuat tubuh banyak menyerap oksigen. Jadi tubuh tidak cepat mengantuk.

Susah Tidur Saat Malam Hari

Saat bulan Ramadan, pola tidur orang yang berpuasa memang akan mengalami perubahan. Misalnya jumlah jam tidur berkurang karena harus bangun untuk sahur. Maka hindari begadang seperti pada hari-hari biasa dan tidurlah lebih awal.

Menurut Para Ahli.

Puasa tidak boleh menjadi alasan bagi kita untuk menurunkan performa kerja atau di sekolah selama Ramadan. Justru harus kita jadikan sebagai tantangan agar dapat meningkatkan kinerja kita selanjutnya. Berikut tips yang dapat dilakukan agar tetap segar di siang hari selama berpuasa.

  • Buat jadwal tidur tetap di malam hari dan coba untuk menjalaninya selama bulan Ramadan. Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh memiliki “utang tidur” sehingga kita mengantuk di siang hari.
  • Usahakan untuk sering terpapar sinar matahari di siang hari untuk memperkuat ritme sirkadian tubuh.
  • Hindari cahaya dari layar gadget atau televisi sebelum tidur malam.
  • Jaga pola makan, karena diet yang seimbang dapat membuat Anda tidur dengan baik. Beberapa orang tidak bisa tidur dengan perut kosong, sehingga snack kecil dapat dianjurkan, namun makan besar dapat mengganggu tidur. Beberapa sumber menganjurkan untuk minum susu, karena kandungan triptopan dalam susu dapat memicu rasa kantuk.
  • Hindari minum-minuman berkafein minimal 4 jam sebelum waktu tidur.
  • Tidur siang jika diperlukan, tidur selama 15-30 menit cukup untuk mengistirahatkan tubuh agar tetap freshdi siang hari.

 

(red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.