Jembatan Gantung Meteor, Jembatan Termegah Di Belantara Hutan Papua

Jembatan Gantung Meteor, Jembatan Termegah Di Belantara Hutan Papua

Kabar5.Com, Jayapura | Tak menyangka di tengah hutan belantara Papua ada sebuah kontruksi bangunan jembatan gantung berbahan besi baja di atas Sungai Memberamo, tepatnya di Kampung Kutakuruk, Distrik Benawa, Kabupaten Yalimo, Papua.

Jembatan yang dikenal dengan sebutan “Jembatan Meteor Sungai Mamberamo” itu memiliki panjang 235 Meter, lebar 7 Meter, beralaskan papan kayu jati berukuran 20 Cm dan tinggi 50 meter diatas permukaan aliran air sungai Mamberamo. Jembatan bisa dilalui dua kendaraan mobil jenis truck maupun kendaraan jenis lainnya.

Data yang dihimpun Kabar5.Com, Jumat 30 Maret 2018, jembatan itu dikerjakan selama 3 tahun oleh Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional X bersama kontruksi ahli dari Jepang. Jembatan itu mulai dikerjakan tahun 1993 dan selesai tahun 1996.

Tak hanya sekedar sebuah jembatan semata, namun jembatan tersebut menjadi akses dari pengubung jalan raya Trans Papua – Tengon yang menghubungkan 12 kabupaten dan 1 kota di Provinsi Papua yakni, Kota Jayapura, Kabupaten Kheroom, Yalimo, Mamberamo Tenggah dan Tolikara, Puncak Jaya, Puncak Papua, Lani Jaya, Jawawijaya, Nduga, Yahukimo dan Pengunungan Bintang.

Jembatan megah di tengah hutan Papua itu kini berusia 22 tahun.

Sekedar diketahui untuk tiba di jembatan megah itu, membutuhkan jarak tempuh sekitar 300 ratus kilo meter dari pusat ibukota Provinsi Papua, Kota Jayapura. (Richard Mayor)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.