Ketika Kampung Kumuh Menjadi Berwarna-Warni

Ketika Kampung Kumuh Menjadi Berwarna-Warni
Posted by:

Kabar5.Com, Semarang | Melihat pelangi berwarna-warni di langit memang jarang-jarang bisa kita alami, tapi gak perlu nunggu hujan reda, mendingan main aja ke Kampung Pelangi.

Kampung Pelangi adalah sebuah kampung kecil di Semarang yang dihiasi berbagai warna-warna cerah dengan desain yang unik, jauh berbeda dengan tampilannya yang dulu kumuh.

Kampung yang terletak di Kelurahan Randusari, Semarang Selatan ini aslinya bernama Kampung Wonosari. Lokasinya tidak jauh dari Tugu Muda dan Lawang Sewu yaitu di sebelah Selatan tepatnya di Jalan dr Sutomo.

Sebelum masuk ke Kampung Pelangi, di pinggir jalan ada pasar bunga Kalisari yang sudah direnovasi dan lebih tertata.

Berbagai warna diaplikasikan mulai dari jembatan hingga ke jalan kampung yang merupakan gang kecil. Gak hanya sisi rumah yang terlihat dari jalan besar saja yang warna-warni.

Tapi rumah-rumah yang berada di dalam gang juga dicat bahkan dilukis sehingga cukup seru untuk menelusurinya sembari berfoto.

Inisiatif mengubah wajah Kampung ini datang dari Slamet Widodo, yang akrab disapa Ndan Slawi, seorang kepala sekolah di kampung Pelangi. Ndan Slawi merasa suasana kampung terlalu kontras dengan pasar bunga yang sudah direnovasi bagus sehingga diusulkan untuk membuat Kampung Pelangi.

Usulannya ini disetujui oleh pemerintah setempat dan pengecatan ini pun didanai oleh pemerintah dengan bantuan dana CSR mencapai 2 milyar rupiah. Ide mengecat kampung dengan warna-warna cerah ini terinspirasi dengan kampung-kampung di daerah lain yang sudah menerapkannya lebih dahulu.

Proyek pengecatan ini sudah mengubarh 232 rumah di Kampung Pelangi menjadi sebuah karya seni.

Perubahan di Kampung Pelangi juga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kampungnya agar tetap bersih.

Selain itu, dengan banyaknya wisatawan yang datang berkunjung, para pengusaha lokal juga dapat meraup keuntungan melalui penjualan souvenir dan makanan.

Meskipun di beberapa daerah seperti Malang Agan bisa menemukan kampung berwarna-warni seperi ini, tapi Kampung Pelangi Semarang punya ciri khas yang berbeda loh. Karena posisinya berada di tebing di pusat kota, jika Agan naik hingga ke puncak, Agan bisa melihat pemandangan Kota Semarang dari atas.

Nambah lagi satu spot wisata yang wajib dikunjungi di Semarang! Main yuk ke Kampung Pelangi!

 

Sumber: kaskus.co.id

 

Facebook Comments

Tags: ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.