KM Mutiara Sentosa I yang Terbakar Diduga Kelebihan Penumpang

KM Mutiara Sentosa I yang Terbakar Diduga Kelebihan Penumpang
Posted by:

Kabar5.Com, Jakarta | Data jumlah penumpang Kapal Mutiara Sentosa I yang terbakar di Perairan Masalembu, Madura, Jawa Timur, simpang siur. Ada dugaan jumlah penumpang melebihi manifes yang terdata di otoritas Pelabuhan Tanjung Perak.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Hari Setyobudi menjelaskan, terdapat selisih jumlah penumpang KM Mutiara Sentosa I dari data manifes yang dikantongi dari jumlah penumpang yang dievakuasi ketika terbakar.

Hari menjelaskan, berdasarkan manifes, jumlah penumpang kapal rute Surabaya-Balikpapan itu sebanyak 134 orang plus 37 anak buah kapal. Tetapi, ketika kebakaran terjadi, jumlah penumpang yang dievakuasi melebihi itu.

“Setidaknya ada selisih 22 orang,” ujarnya kepada wartawan di Posko SAR di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara pada Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 20 Mei 2017.

Kuat dugaan, ada sebagian penumpang yang membeli satu tiket untuk dua orang. Misalnya, sopir truk membeli satu tiket sekaligus untuk kernetnya. Hari mengaku akan menanyakan itu ke pihak agen. “Kenapa bisa satu tiket untuk dua orang,” katanya.

Hari mengatakan Kesyahbandaran akan menjatuhkan sanksi kepada pihak agen jika diketahui ada pelanggaran terkait penumpang tanpa tiket itu. Rekomendasi sanksi akan diajukan kepada Kementerian Perhubungan. “Sanksinya apa tergantung Kementerian Perhubungan,” tandasnya.

Di sisi lain, dua petugas Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah tiba di Posko SAR Tanjung Perak pada Sabtu petang. KNKT datang untuk menyelidiki penyebab kebakaran yang menimpa KM Mutiara Sentosa I.

“Kami masih menunggu datanya untuk bahan awal investigasi,” kata anggota tim investigasi KNKT, Kunto Prayogo.

KM Mutiara Sentosa 1 rute Surabaya-Balikpapan itu melepas jangkar dan berangkat dari Surabaya pada Kamis malam 18 Mei 2017. Kapal mengalami kebakaran sesampai di Perairan Masalembu pada Jumat siang, 19 Mei 2017.

Beruntung, ada kapal yang tengah berlayar di dekat kapal terbakar sehingga banyak korban berhasil dievakuasi. Data jumlah penumpang hingga kini masih simpang siur, ada yang menyebut total 187 orang termasuk ABK, ada pula menerangkan 191 orang. Sedangkan korban meninggal dilaporkan lima orang. (red)

 

Facebook Comments

Tags: , ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.