KPK dan Polri Siapkan Sprindik Elektronik Berantas Korupsi

KPK dan Polri Siapkan Sprindik Elektronik Berantas Korupsi

Kabar5.Com, Jakarta | Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo, mengatakan lembaganya akan melakukan terobosan bersama Polri terkait proses penanganan kasus korupsi. Surat perintah penyidikan (Sprindik) akan menggunakan sistem elektronik.

“Kita akan membuat elektronik surat perintah dimulainya penyidikan. Jadi nanti dimulainya penyidikan seluruh Polres, Kajari juga diawasi oleh Mabes Polri, Jakasa Agung dan KPK,” kata Agus Rahardjo di Gedung KPK, Jakarta, Jumat, 19 Agustus 2016.

Menurut Agus, kerjasama ini khusus untuk penanganan tindak pidana korupsi dan tidak masuk pada ranah tindak pidana umum. Dengan terobosan ini upaya pengungkapan kasus korupsi akan semakin masih. Semua lembaga hukum akan saling melengkapi.

“Ini khusus tipikor ya. Karena pidana umum, KPK tidak berwenang,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan lembaga yang dipimpinnya akan berada di garis depan bersama KPK melakukan pemberantasan dan pencegahan korupsi.

“Kami sepakat melakukan joint investigation. Jadi investigasi bersama dalam beberapa kasus tertentu yang kita anggap penting kita perlu bekerja sama,” kata Tito. (vvc/klc)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Tinggalkan Balasan