KPU Papua Apresiasi Workshop Wartawan Buat Pemilih Pemula

KPU Papua Apresiasi Workshop Wartawan Buat Pemilih Pemula

Kabar5.Com, Jayapura | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua mengapresiasi itikad para jurnalis yang membuat Workshop tentang partisipasi pemilih pemula dalam pemilu. Workshop itu diberikan kepada pelajar siswa/siswa SMA/SMK dan mahasiswa di Kota Jayapura.

“Kami KPU Papua berterimakasih dan mengapresiasi teman-teman wartawan yang membuat Workshop tentang partisipasi pemilih pemula dalam pemilu,” kata Komisioner KPU Papua, Musa Sombuk kepada wartawan di Jayapura, Selasa 27 Februari 2018.

Menurutnya, pemilih pemula memang rentan dimanfaatkan salah satu kelompok untuk menggagalkan kontestasi atau bahkan membuat perselisihan antar masyarakat.

“Karena pemilih pemula adalah kelompok yang rentan dalam penggunaan hak politik mereka. Ketika tidak diberikan dasar pendidikan politik yang memadai, ia hanya akan dijadikan objek penderita dari kepentingan kelompok dan golongan untuk meraup suara mereka,” paparnya.

Para pemilih pemula selalu dikategorikan sebagai kelompok yang pemahaman dan pengalaman politiknya minim. Orientasi politik mereka belum jelas, apriori dan masih labil. Mereka juga merupakan imitasi alias mengekor terhadap generasi sebelumnya. Namun mereka mudah untuk menghindar dari politik apabila dinilai negatif.

“Namun di sisi lain, kelompok ini juga memiliki segmen pemilih yang besar, menguasai teknologi informasi, kreatifitas politik tinggi, dan potensi kelas menengah yang menjadi dinamisator perubahan,” katanya.

Karena itulah, lanjut Roberth, KPU memiliki sejumlah program sosialisasi yang disesuaikan dengan segmen mereka. KPU juga mengembangkan relawan demokrasi untuk kalangan muda.

“Langkah-langkah KPU kepada kelompok dinamis ini yakni, membuat program-program sosialisasi yang sesuai dengan dunia anak muda. Menggunakan teknologi informasi dan media sosial, menggunakan peer group, mengembangkan relawan demokrasi, dan mengembangkan rumah pintar pemilu,” pungkasnya. (Richard Mayor)

 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.