Lakukan Hal Ini di Pagi Hari Untuk Hidup Sehat

Lakukan Hal Ini di Pagi Hari Untuk Hidup Sehat
Posted by:

Kabar5.com | Awal hari merupakan waktu penentu seseorang untuk dapat sukses beraktivitas di jam berikutnya. Program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Menerapkan gaya hidup sehat di pagi hari bisa berdampak positif bagi tubuh secara keseluruhan. Kebiasaan-kebiasaan sehat yang anda lakukan setiap pagi secara tidak langsung akan memberikan energi positif bagi tubuh untuk menjalankan aktivitas sepanjang hari.

Semisalnya, setelah bangun pagi, tentu Anda berharap rencana-rencana yang telah Anda siapkan sebelumnya akan berjalan lancar tanpa kendala apa pun. Untuk itu, sangatlah diperlukan pasokan energi yang cukup dalam menunjang kesuksesan tugas Anda di hari ini.

Sarapan pagi adalah salah satu kebiasaan sehat yang harus anda terapkan.

Lalu apa saja kebiasaan-kebiasaan sehat yang sebaiknya kita lakukan di pagi hari. Misanya sebagai  berikut dan telah kami merangkum 9 kegiatan yang menunjang kesehatan dapat dilakukan di pagi hari

  • Bangun lebih awal, Jika Anda menundanya, Anda akan semakin kehilangan semangat dan perasaan lemah akan menjadi awal hari Anda. Hal ini disebabkan saat menunda, otak menyadari fakta bahwa Anda bisa menunda selama lima menit, sehingga cenderung untuk tidur lebih lama lagi dan bangun dalam keadaan lesu. Hasilnya Anda akan menguap sepanjang hari. Bangun tidur lebih awal dari orang kebanyakan merupakan kebiasaan sehat yang sebaiknya anda terapkan. Dengan bangun tidur lebih awal, anda bisa memiliki banyak waktu untuk berolahraga atau sarapan tanpa harus tergesa-gesa. Jika anda bangun tidur 15 menit sebelum memulai aktivitas seperti kerja, kuliah ataupun sekolah, maka anda telah kehilangan banyak manfaat positif yang seharusnya bisa anda peroleh.
  • Minum air putih, Orang dewasa rata-rata tidur selama 6 hingga 8 jam per malam. Selama kurun waktu tersebut, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan. Minum air putih harus menjadi salah satu prioritas utama yang sebaiknya anda lakukan di pagi hari setelah bangun tidur. Minum air putih bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh. Minum air segelas saat Anda bangun tidur akan membantu tubuh terhindar dari kekurangan cairan. Bahkan kekurangan cairan dalam tubuh dapat membuat fisik dan mental Anda lemah.
  • Minum air lemon hangat dan madu, Sebagian orang sering merasakan ketidaknyamanan pada bagian perut di pagi hari. Untuk mengatasinya, minumlah air lemon hangat yang dicampur madu. Minuman tersebut bisa menjadi obat sembelit dan menjaga kesehatan usus anda.
  • Olahraga, Manfaatkan waktu di pagi hari untuk jogging, bersepeda atau olahraga ringan lainnya. Berolahraga di pagi hari akan menjaga tubuh anda tetap bugar dan membantu meningkatkan konsentrasi saat bekerja.
  • Mandi, Mandi di pagi hari sesaat setelah bangun tidur dinilai sangat efektif untuk mengusir rasa kantuk dan membuat tubuh menjadi segar. Hal ini akan lebih baik lagi jika anda mandi dengan air dingin, karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa mandi dengan air dingin dapat membangunkan syaraf-syaraf di tubuh dan memperlancar aliran darah.
  • Minum jus, Jangan memulai hari dengan minuman berkafein seperti teh atau kopi. Minuman berkafein memang merangsang otak, namun tidak berdampak signifikan bagi tubuh anda. Sebagai gantinya, minumlah jus jeruk.
  • Sarapan pagi, Sarapan pagi akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan membantu meningkatkan memori otak anda. Sarapan pagi sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas anda sepanjang hari. Oleh sebab itu jangan pernah sekali-kali melewatkan sarapan pagi. Namun demikian, anda tetap dianjurkan untuk memilih makanan-makanan yang sehat seperti makanan kaya serat dan karbohidrat kompleks.

Bila kebiasaan-kebiasaan sehat diatas telah menjadi rutinitas di pagi Anda, itu bagus sekali. Dan bila ini masih jauh dari agenda pagi hari Anda, tak ada salahnya untuk mencoba mulai hari ini.

Atau berdasarkan Standard Kementrian Kesehatan tetang Program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang mencakup 7 langkah yang bisa dilakukan dalam membiasakan pola hidup sehat, yaitu :

  1. Melakukan Aktivitas Fisik
  2. Mengonsumsi Sayur dan Buah
  3. Tidak Merokok
  4. Tidak Mengonsumsi Alkohol
  5. Memeriksa Kesehatan Secara Rutin
  6. Membersihkan Lingkungan
  7. Menggunakan Jamban

Tujuan dari semua itu adalah untuk hidup sehat, produktif, lingkungan bersih dan masih banyak lagi manfaat lainnya untuk kita semua. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.