Manasik Haji Cilik, Dindikbud Kab Serang: Harus Dibenahi Agar Tak Terjadi Kemacetan

Manasik Haji Cilik, Dindikbud Kab Serang: Harus Dibenahi Agar Tak Terjadi Kemacetan
Murid Taman Kanak-kanak (TK) saat mengikuti kegiatan manasik haji.

Kabar5.Com, Serang | Dalam rangka mewujudkan pendidikan berkarakter sejak dini serta memperingati Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Serang menggelar manasik haji bagi murid Taman Kanak-kanak (TK), di Kantor Kemenag Provinsi Banten, Kamis, 21 September 2017.

Ketua IGTKI Kabupaten Serang, Yuniami mengatakan, bahwa kegiatan manasik haji bertujuan untuk menumbuhkan pendidikan berkarakter dan nilai-nilai ketakwaan kepada anak sejak usia dini.

Dijelaskannya, sekitar 2.600 anak dari 110 TK dan 5 Paud se-Kabupaten Serang ikut kegiatan ini.

Yani berharap, kegiatan yang dilakukan saat ini dapat dijadikan pelajaran untuk anak-anak ketika mereka dewasa nanti tentang bagaimana cara menunaikan ibadah haji.

Semoga kegiatan ini akan menjadi sebuah pembelajaran bagi anak yang membekas dan diingat dikala anak sudah dewasa, bahwa dulu saya sudah melakukan manasik semacam ini.‎ Mudah-mudahan ini akan menjadi nilai tambah bagi anak, agar anak memahami bahwa Rukun Islam yang kelima yaitu adalah menunaikan haji,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, Asep, Nugraha Jaya mengungkapkan, bahwa kegiatan ini benar-benar mempunyai manfaat bagi anak-anak terkait dengan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan berkarakter.

“Untuk memperkuat karakter, nilai-nilai keagamaan harus ditanamkan sejak dini dan ini akan membawa dampak pada perkembangan dan pertumbuhan anak,” tuturnya.

Namun secara pribadi, kata dia, masih banyak yang harus ditata agar pelaksanaan kegiatan yang baik ini menjadi lebih bagus lagi.

“Dalam hal teknis harus ada beberapa yang dibenahi seperti mendatangkan pemateri yang sesuai keilmuan seperti dari Kemenag, dan juga berkoordinasi dengan Dishub agar tidak terjadi kemacetan, selebihnya sudah bagus,” pungkasnya. (Rizki)

 

Facebook Comments

Tags: ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.